Tak Disangka! 6 Idol Kpop Ini Pernah Depresi Berat

Rabu, 30 Agustus 2017 – 05:02 WIB
Taeyeon SNSD. Foto: Kpopmusic

jpnn.com - Idol Kpop selalu tampil ceria dan menghibur di depan publik. Karena itu, mudah bagi kita melupakan bahwa mereka adalah manusia yang bisa mengalami depresi.

Tekanan untuk selalu tampil sempurna, ditambah jadwal padat dan masalah personal lainnya bisa membuat seorang idol kewalahan. Ini pada akhirnya bisa membuat hidup mereka tak seindah dan seglamor yang terlihat di permukaan. (dil/jpnn)

BACA JUGA: Mengerikan, Bagian Terlarang Leader SNSD Diraba-raba Penggemarnya di Indonesia

Ini beberapa idol Kpop yang pernah mengalami depresi seperti dilansir dari Aceshowbiz, Selasa (29/8):

 

BACA JUGA: Dari Raisa Hingga Taeyeon Hadir di Countdown Asian Games 2018

1. Taeyeon Girls Generation

BACA JUGA: 2 Member SNSD Bakal Bikin Panas Panggung Musik di Monas

Pemimpin Girl's Generation ini awalnya memiliki persona yang ceria seperti anak kecil. Semua berubah ketika publik mulai menyadari bahwa matanya tak lagi berbinar. Tak ada yang tahu apa yang sebenarnya terjadi kepada Taeyeon. Namun, pelantun "I" itu kemungkinan pernah menyinggung soal depresi yang dialaminya ketika tampil dalam acara Yoo Hee Yeol Sketchbook pada 2013 lalu.

Dalam acara itu Taeyeon mengungkapkan bahwa dirinya merasa sangat kesepian. "Setelah jadwalku selesai dan pulang ke rumah, aku merasa sangat hampa. Aku sempat berpikir apakah itu karena lapar, tapi ketika sudah makan banyak pun aku tak merasa kenyang," ujar Taeyeon ketika itu.

Saat ditanya apakah dia pernah membicarakan masalah ini dengan personel Girls Generation lainnya, Taeyeon mengatakan bahwa mereka punya cara mengatasi kesepian masing-masing. Namun, cara-cara itu tak ada yang berhasil untuk dirinya.

 

2. Suzy miss A

Kepopuleran datang kepada Suzy ketika dia masih duduk di bangku SMA. Itu bukan pengalaman yang menyenangkan baginya. "Banyak yang meremehkanku karena aku masih muda," ujarnya pada 2013 lalu. "Orang-orang mengatakan aku tidak tahu apa-apa, tapi di sisi lain mereka mengharapkan aku bertindak seperti orang dewasa. Kontradiksi semacam itu membuatku gila."

"Aku sebenarnya senang-senang saja merasa kelelahan karena sibuk meladeni orang yang ingin melihat atau bertemu denganku. Tapi terkadang aku ingin punya waktu untuk belajar melakukan satu hal dengan benar-benar baik, yang kenyataanya tak mungkin karena aku sangat sibuk," tambahnya. "Pada akhirnya aku menunjukkan tanda-tanda depresi. Sempat terbayang apakah aku bisa terus hidup seperti ini dan apakah aku sanggup menjalani semua ini lagi esok hari. Pernah suatu ketika saat sedang ngobrol dan tertawa dengan teman, aku tiba-tiba menangis," ungkap Suzy.

 

3. IU

Semua orang ingin dicintai, tapi bagi IU, menerima begitu banyak cinta adalah beban yang sangat berat. Di tengah-tengah konsernya akhir tahun lalu, pelantun "23" itu curhat soal depresi yang dia alami ketika baru menjadi populer 2014 silam. "Itu adalah tahun di mana banyak orang menyukai aku. Tapi aku sendiri merasa aneh dan mulai mengalami depresi. Aku mulai berpikir apakah aku pantas menerima semua pujian itu," ungkap IU.

"Aku tak menikmati pujian-pujian itu. Aku mulai tak bisa mempercayai diriku sendiri. Sangat sulit bagiku mempromosikan diri," lanjutnya. "Dari situ aku mulai terjangkit insomnia. Aku sama sekali tidak tidur, sampai-sampai semua yang harus aku lakukan di siang hari jadi berantakan. Ini yang membuatku kehilangan semangat dan (merasa terjebak) dalam sebuah siklus yang kejam."

 

4. G-Dragon Big Bang

Pada 2009, G-Dragon meraih kesuksesan solo dengan lagu "Heartbreaker". Namun kebahagiaan itu berumur pendek akibat tudingan plagiarisme yang dialamatkan kepadanya. Sang rapper sembat buka-bukaan soal hal ini saat tampil di acara Night After Night.

G-Dragon mengaku sangat tersakiti oleh komentar-komentar negatif mengenai dirinya saat itu. Dia bahkan sampai menutup diri dari keluarga dan kerabat. "I aku mulai menghindari telepon orang tuaku. Aku juga tidak mengangkat telepon teman-teman. Semua karena cara orang-orang memandangku ketika itu, walau pun aku tidak berbuat salah, aku merasa seperti seorang pendosa. Sepertinya aku sedikit terkena depresi," bebernya.

 

5. Amber f(x)

Amber terkenal karena gaya tomboinya. Namun, penampilannya sering menimbulkan masalah. Pasalnya, masih banyak orang di sekelilingnya yang menganggap dia kurang feminin. "Dulu banyak yang mengolok-olokku karena berpenampilan seperti laki-laki. Ketika itu aku merasa sedih dan depresi. Aku tidak melakukan sesuatu yang salah," ujar Amber dalam acara 2'O Clock di radio KBS Cool FM.

Dia mengaku menulis lagu Beautiful setelah berhasil mengatasi perasaan sedih dan depresi tersebut. "Beautiful aku tulis di hari ulang tahunku, setelah aku berhasil meluruskan kembali pikiranku," curhatnya. "Banyak orang yang merasa kurang karena penampilan mereka, tapi aku berharap mereka bisa mencintai diri sendiri."

Amber juga berusaha membantu membantu fans yang sedang mengalami masalah serupa dengan membagikan tautan video tentang cara memerangi depresi. "Sebagai orang yang pernah berperang melawan depresi, video ini membantuku melihat segalanya dari sisi yang berbeda. Aku sadar tidak semua orang bisa terbantu, tapi ini bisa membantu seseorang," cuitnya di Twitter.

 

6. Jinwoon 2AM

Bintang "Dream High 2" ini selalu tampil ceria di televisi, tapi dia sempat depresi setelah menjalani tur Amerika Serikat bersama 2AM pada 2010 lalu.

"Aku mengalami gejala-gejala yang mirip dengan depresi. Aku tak bisa tidur selama sekitar satu bulan dan merasa selalu ingin sendirian," ujarnya dalam sebuah wawancara. "Musik yang membantuku melewati semua itu."

BACA ARTIKEL LAINNYA... Oppa Ini Tetap Ganteng dengan Rambut Cepak Tentara


Redaktur & Reporter : Adil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler