Tak Masalah Penerbangan Haji Dipindah ke Halim

Jumat, 16 Maret 2012 – 20:13 WIB

JAKARTA—Kementerian Agama (Kemenag) menyatakan siap atas adanya usulan penerbangan haji akan kembali dialihkan dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta ke Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta. Namun begitu, hal itu harus juga diikuti dengan kesiapan infrastruktur di Bandara Halim.

Sekretaris Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umroh (PHU) Kemenag, Cepi Supriatna  mengatakan, usulan mengenai pemindahan penerbangan haji ini difokuskan pada pelaksanaan haji tahun 2013 mendatang. Menurutnya, pembangunan dan persiapan infrastruktur guna melayani penerbangan haji ini membutuhkan waktu yang cukup lama dan biaya yang cukup mahal.

“Kami tidak ada masalah jika penerbangan haji dipindah ke Halim. Asalkan saja, pihak manajemen Angkasa Pura (AP) II juga siap dan memiliki cukup waktu untuk melakukan persiapan dan kelengkapan di bandara (Halim) itu,” ungkap Cepi di Jakarta, Jumat (16/3).

Lebih jauh Cepi menambahkan, jika memang usulan atau wacana itu disetujui dan persiapannya juga dilakukan mulai sekarang, maka tidak menutup kemungkinan jika penerbangan haji 2013 mendatang sudah bisa dilakukan di Halim. Akan tetapi, lanjut Cepi, hal ini harus dibahas kembali oleh Kemenag bersama dengan Kementerian/ lembaga terkait lainnya.

 “Mengenai kesiapan fisik bandara itu semua memang tanggung jawab pihak AP. Tapi mengenai masalah ini harus tetap dibahas bersama dengan kementerian dan lembaga terkait lainnya,” jelasnya. (cha/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... PBNU: Demonstran Bukan Pemberontak


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler