Tak Perlu Centang Biru, Trik Ini Bisa Membantu Mengetahui Siapa Saja yang Telah Membaca Pesan WhatsApp Anda di Grup

Minggu, 03 April 2022 – 04:40 WIB
Bermain HP. Foto : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - WHATSAPP kini telah memiliki banyak pelanggan di seluruh dunia.

Aplikasi WhatsApp banyak disukai karena sangat mudah digunakan dan bisa menjangkau banyak orang.

BACA JUGA: 5 Cara Menyembunyikan Centang Biru di WhatsApp, Mudah Bun

Untuk alasan yang sama, WhatsApp terus memperbarui aplikasinya untuk kinerja yang lebih lancar dan juga privasi yang lebih baik.

Salah satu fitur utama yang diperkenalkan WhatsApp beberapa tahun yang lalu adalah centang biru, yang memungkinkan pengirim mengetahui apakah penerima telah melihat pesannya atau tidak.

BACA JUGA: Asyik, WhatsApp Sedang Garap Fitur Baru, Bisa Ubah Bahasa

Saat tanda centang dari pesan tertentu berubah menjadi biru, itu mencerminkan bahwa penerima telah membaca pesan tersebut.

Kembali ketika fitur itu diperkenalkan, aplikasi obrolan menghadapi banyak kritik karena melanggar privasi orang-orang yang tidak ingin pengirim tahu apakah mereka telah membaca pesan yang dikirim atau tidak, untuk alasan apa pun itu.

BACA JUGA: 3 Tips Mengirim Pesan di WhatsApp Tanpa Mengetik

Untuk pengguna yang bersangkutan, WhatsApp juga memasukkan opsi untuk menonaktifkan centang biru, atau opsi tanda terima baca.

Menurut laman Livemint, dengan menonaktifkan opsi tanda terima baca, aplikasi memastikan penerima pesan tidak akan memberi tahu pengirim apakah dia telah membaca pesan tersebut.

Mungkin ada banyak sekali alasan untuk menonaktifkan fitur centang biru, tetapi di sisi lain, ini juga bisa membuat pengirim kesal yang menunggu balasan dengan asumsi penerima akan membaca pesan cepat atau lambat.

Namun, ada trik untuk mengatasi fitur ini untuk mengetahui apakah pesan WhatsApp dibaca bahkan dengan centang biru dimatikan.

Penerima bahkan tidak akan mengetahui apakah Anda bisa melihat apakah pesan yang Anda kirim sedang dibaca atau tidak.

Trik berikut ini sederhana dan membawa beberapa cara tertentu untuk mengirim pesan.

Untuk mengaktifkan atau menonaktifkan opsi tanda terima baca, buka WhatsApp, buka opsi Pengaturan, ketuk Privasi dan beralih di antara header Tanda Terima Baca.

Jika Anda menonaktifkan tanda dibaca, Anda tidak akan bisa melihat tanda dibaca dari orang lain.

Tanda terima telah dibaca selalu disetel untuk obrolan grup.

Ini adalah metode pertama Anda. WhatsApp dengan jelas memberi tahu Anda bahwa opsi tanda terima telah dibaca tidak berfungsi untuk obrolan grup, sehingga kamu yakin bahwa Anda akan bisa memeriksa apakah pesan, media, dan dokumen lain sedang dibaca meskipun Anda benar-benar tidak mempedulikannya.

Namun, bagaimana jika Anda ingin mengetahui apakah teman atau kekasih membaca pesan pribadi Anda di obrolan pribadi mereka atau tidak?

Ada trik untuk itu juga, tidak peduli seberapa menjengkelkan kedengarannya.

Fitur centang biru diperkenalkan pada tahun 2014 dengan celah kecil.

Setelah dinonaktifkan, centang biru dimatikan untuk teks dan media WhastApp pada obrolan individual.

Namun, triknya tetap utuh. Meskipun tanda terima telah dibaca dinonaktifkan, catatan suara yang dikirim melalui obrolan pribadi tidak mendukung fitur centang biru yang dinonaktifkan.

Jadi, setiap kali Anda mengirim klip suara, kamu bisa melihat tanda centangnya berubah menjadi biru setelah penerima mendengarnya.

Trik ini berguna untuk mengetahui apakah pesan Anda diterima atau tidak, tetapi bisa terbukti sangat mengganggu setelah beberapa saat.

Anda bahkan bisa menekan lama pesan klip suara dan pergi ke Info untuk mengetahui waktu dibacanya.

Catatan, pesan klip suara hanya akan menampilkan centang biru setelah didengar oleh lawan bicara.(fny/jpnn)


Redaktur & Reporter : Fany Elisa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler