Taklukkan 4 Raksasa, Sung Hyun / Baek Cheol jadi Jawara di Australian Open 2019

Minggu, 09 Juni 2019 – 12:15 WIB
Ilustrasi bulu tangkis. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, SYDNEY - Ganda putra peringkat 34 dunia asal Korea Selatan Ko Sung Hyun / Shin Baek Cheol mencatat prestasi fenomenal di Australian Open 2019 (super 300). Hyun / Cheol yang merupakan juara dunia 2014 itu menjadi pemenang setelah menyingkirkan tiga unggulan.

Dalam laga final di Quaycentre Sydney, Minggu (9/6) siang WIB, Hyun / Cheol mengalahkan ranking dua dunia Takeshi Kamura / Keigo Sonoda 21-11, 21-17 dalam waktu 36 menit (statistik BWF).

BACA JUGA: Patahkan Rekor Apik Chen Qingchen / Jia Yifan, Yuki Fukushima / Sayaka Hirota Juara Australian Open 2019

BACA JUGA: Susah Payah Pukul Chou Tien Chen, Jojo Ciptakan All Indonesian Final di Australian Open 2019

Kemenangan ini membuat rekor pertemuan kedua ganda tersebut menjadi 5-4, Hyun / Cheol unggul.

Sebelum Kamura / Sonoda, pasangan peringkat tiga dunia asal Tiongkok Li Junhui / Liu Yuchen menjadi korban Hyun / Cheol di semifinal. Hyun / Cheol menang 21-11, 14-21, 21-17.

BACA JUGA: Mari Tepuk Tangan! PraMel dan Ginting Lolos ke Final Australian Open 2019

(Baca Juga: Patahkan Rekor Apik Chen Qingchen / Jia Yifan, Yuki Fukushima / Sayaka Hirota Juara Australian Open 2019)

Di perempat final, Hyun / Cheol juga menang atas unggulan lainnya yakni ganda Indonesia Mohammad Ahsan / Hendra Setiawan (ranking empat) 21-15, 21-15. Sebelumnya, di babak pertama, ganda nomor lima dunia asal Jepang Hiroyuki Endo / Yuta Watanabe juga menjadi korban Hyun / Cheol. Duo Negeri Ginseng menang 21-14, 11-21, 21-17.

Hyun / Cheol memang cukup lama menghilang dari peredaran lantaran aturan tegas asosiasi bulu tangkis Korea soal pemain yang sudah mundur dari timnas.

Pemain putra yang mundur dari timnas Korea dilarang tampil di ajang bulu tangkis internasional sampai usianya menginjak 31 tahun. Sementara pemain putri hingga 29 tahun.

Sung Hyun/Baek Cheol pun mengajukan gugatan ke Pengadilan Tinggi Korea Selatan pada Mei 2017 lalu. Perjuangan mereka tidak sia-sia. Setahun kemudian, Pengadilan Tinggi Korea Selatan mengabulkan gugatan Sung Hyun / Baek Cheol. BKA pun harus mencabut peraturan tersebut.

Dicabutnya aturan ini juga tidak hanya berdampak positif buat Sung Hyun / Baek Cheol, tetapi juga ke beberapa pemain Korea Selatan lain seperti Lee Yong Dae yang juga menempuh jalur independen untuk berkiprah di panggung internasional. (adk/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Setelah 88 Menit, Greysia / Apriyani Kandas di Semifinal Australian Open 2019


Redaktur & Reporter : Adek

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler