Tamerlan Sempat Unggah Video Berjudul Teroris

Senin, 22 April 2013 – 13:58 WIB
Sebuah Video Berjudul Teroris, yang Sempat Diunggah Pelaku Bom Boston. Foto: CNN
BELUM ada yang tahu, ada motif apa di balik aksi duo bersaudara Tsarnaev yang melakukan aksi bom Boston. Namun sumber CNN meyakini bahwa Tamerlan Tsarnaev dan saudaranya, Dzhokhar Tsarnaev, telah mempersiapkan aksinya sejak jauh hari.

Tamerlan diketahui pernah mengakses sebuah situs video terbesar Youtube dengan judul teroris. Dalam video tersebut, terlihat sosok seorang pria pemimpin jihad yang telah dibunuh oleh tentara Rusia, Abu Dujana yang memiliki nama asli Gadzhimurad Dolgatov.

Pihak keamanan Rusia membunuh Dolgatov pada bulan Desember, setelah melakukan penyerangan terhadap sebuah apartemen di Makhachkala, ibukota Rusia. Dolgatov memimpin sebuah kelompok militan kecil di Dagestan yang memiliki hubungan dengan kelompok militan Islam utama di wilayah tersebut, Imarat Kavkaz.

Tsarnaev membuka laman Youtuber atas namanya, pada bulan Agustus 2012, tak lama setelah kembali dari kunjungan ke Rusia. Dua video yang diposting dengan judul "Teroris", saat ini sudah dihapus, tapi tidak jelas kapan atau oleh siapa.

Melalui penyelidikan, Tsarnaev diketahui pernah berada di Rusia pada tahun 2012 dan menghabiskan beberapa waktu di Makhachkala, di mana ayahnya tinggal hari ini. Para pejabat AS mengatakan kepada analis CNN, Tom Fuentes, mereka belum menemukan ada hubungan apa antara Tsarnaev dan Abu Dujana. Namun dengan mengunggah video milik Abu Dujana, penyelidikan akan dilakukan lebih lanjut terhadap relasi dan koneksi Tamerlan.

Melalui analisis di media sosial, Tamerlan Tsarnaev, mulai menunjukan radikal dalam kurun waktu 3-4 tahun terakhir. Diperkirakan, duo Tsarnaev mulai berpikiran radikal sejak mengikuti ajaran Imarat Kavkaz, yang menjadi akar pemberontakan etnis Chechnya tahun 1990 melawan Rusia. Ajaran ini didirikan pada tahun 2007 untuk mempertemukan berbagai kelompok jihad yang berjuang menciptakan sebuah negara Islam di wilayah tersebut.

Pemimpin ajaran ini diketahui bernama Doku Umarov, seorang veteran Chechnya yang juga mengaku bertanggungjawab atas pemboman tahun 2011 bandara internasional Moskow. Menurut laporan 2011 oleh Pusat Studi Strategis dan Internasional, Emirat Kaukasus memiliki hubungan yang signifikan dengan Al Qaeda.

"Bukti integrasi Emirat Kaukasus ke dalam dunia Jihad sangat banyak. Umarov telah berulang kali dikaitkan Emirat Kaukasus dengan Jihad global," demikian kesimpulan studi itu pada CNN.(afz/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pelaku Bom Boston Tembak Tenggorokan

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler