Tampilan Baru Opera One di iOS, Termasuk Fitur Baru

Rabu, 14 Agustus 2024 – 18:41 WIB
Peramban Opera One di iOS. Foto: Opera

jpnn.com - Opera memperbarui tampilan peramban Opera One di iOS, setelah melewati uji coba versi beta selama beberapa pekan.

Tampilan baru Opera One versi iOS menempatkan search bar di bagian bawah layar, yang dilengkapi fitur sugesti pencari cepat.

BACA JUGA: Google Hadirkan Fitur Circle To Search di Peramban Chrome

Search bar juga terintegrasi dengan asisten kecerdasan buatan (AI) Aria, yang lebih memudahkan pengguna untuk mencari informasi.

Meskipun tampilan search bar yang ditempatkan di bagian bawah akan menjadi opsi default, pengguna dapat memilih untuk beralih ke model Standard Navigation atau Fast Action Button.

BACA JUGA: Xiaomi Bantah Tuduhan Pencurian Data Melalui Peramban di Ponsel

Saat pengguna mengetik kueri di mesin pencari, biasanya aplikasi akan memberikan opsi kalimat atau kata yang mungkin akan diketik pengguna atau yang disebut autocomplete.

Kini, Opera menyediakan fitur autocomplete khusus dalam bentuk chip, di bawah search bar untuk mempercepat proses pencarian.

BACA JUGA: Baidu Browser, Peramban Ringan yang Berkinerja Kencang

Selain desain tampilan aplikasi, Opera juga membuat perubahan kecil lainnya yakni menghadirkan mode layar penuh, ditambah layar pada bilah status atas akan disesuaikan dengan tema situs web yang sedang dibuka.

Opera juga mengganti desain umpan berita mereka dengan tampilan carousel baru yang akan menampilkan berita yang dipersonalisasi, skor langsung pertandingan olahraga, dan tips produk.

Sebelumnya, Opera meluncurkan asisten virtual bertenaga AI bernama Aria pada Mei 2023 dan meluncurkannya di perangkat iOS pada Agustus 2023.

Dengan peluncuran Opera One, asisten tersebut kini memiliki kemampuan input suara dan pembuatan gambar.

Perusahaan analitik aplikasi, Sensor Tower, melaporkan bahwa aplikasi peramban Opera telah diunduh lebih dari 50 juta kali di iOS sejak 2020. (techcrunch/ant/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Apple Ajak Google Perkuat Sistem Keamanan Peramban


Redaktur & Reporter : M. Rasyid Ridha

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler