Tanam 500 Pohon, UMSU dan MLH Siap Sukseskan Muktamar Ke-49 Muhammadiyah

Selasa, 02 Juli 2024 – 22:07 WIB
Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) siap sukseskan Muktamar ke-49 Muhammadiyah. Foto: dok UMSU

jpnn.com, JAKARTA - Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) siap sukseskan Muktamar ke-49 Muhammadiyah.

Bekerja sama dengan Majelis Lingkungan Hidup (MLH) Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Sumatera Utara UMSU mengadakan Seminar Nasional Hari Lingkungan Hidup Sedunia dan penanaman pohon baru-baru ini.

BACA JUGA: Ketua MPR Kunjungi UMSU

Ketua Panitia Muktamar ke-49 Muhammadiyah sekaligus Rektor UMSU Prof. Dr. Agussani, MPA mengatakan UMSU akan menjadi model kawasan kampus hijau di Indonesia. 

Saat ini, UMSU juga telah memiliki agrowisata yang nantinya akan menjadi lokasi pembangunan kampus hijau dan lokasi pelaksanaan Muktamar ke-49. 

BACA JUGA: FT UMSU Ciptakan Alat Masak Tenaga Surya

Di arena seluas 24 hektare itu, telah ditanam lebih dari 500 tanaman yang terdiri dari pohon durian dan lengkeng beserta tanaman lainnya. 

Di samping itu akan dibangun auditorium yang akan menampung 8.000 peserta muktamar beserta fasilitas penunjang lainnya.

"Sebagai kampus Islam, UMSU juga terlibat dalam kegiatan sertifikasi produk halal dan telah memiiki 800 orang dan saat ini UMSU telah memeliki pusat penholahan limbah plastik yang diolah menjadi bahan bakar biofuel," lanjut Agassani.

Pernyataan itu, kata Agassani, juga menegaskan komitmen UMSU dalam mendukung lingkungan berkelanjutan dan pengembangan kampus yang ramah lingkungan. 

Ketua MLH PP Muhammadiyah, M. Azrul Tanjung menekankan pentingnya ekonomi hijau sebagai solusi menghadapi krisis iklim dan kelangkaan sumber daya. 

"Untuk itu,seluruh elemen Muhammadiyah untuk dapat berperan aktif dalam implementasi ekonomi hijau demi keberlanjutan lingkungan dan kesejahteraan masyarakat,” ujar Azrul. 

Azrul menambahkan ekonomi hijau merupakan model pembangunan ekonomi yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan manusia, menciptakan keadilan sosial, dan melestarikan lingkungan alam. 

"Ekonomi hijau mencakup praktik ekonomi berkelanjutan yang fokus pada penggunaan sumber daya secara efisien dan pengurangan dampak negatif terhadap lingkungan," jelas dia.

Tujuan utama dari ekonomi hijau adalah mencapai pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan. Ini termasuk upaya meminimalkan emisi gas rumah kaca, mengurangi limbah, dan memperbaiki kualitas lingkungan hidup.

Adapun acara itu dihadiri oleh Ketua MLH Pimpinan Pusat Muhammadiyah M. Azrul Tanjug, Rektor UMSU Prof. Dr. Agussani, MPA, civitas acadenika UMSU beserta Pimpinaan Muhammadiyah dan Aisyiyah se-Sumatra Utara.(mcr10/jpnn)


Redaktur & Reporter : Elvi Robiatul

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
Muhammadiyah   Muktamar   Ekonomi   hijau   pohon   Kampus   UMSU  

Terpopuler