Tanpa Andik, Wajib Maksimal

Jumat, 24 Februari 2012 – 06:28 WIB
Andik Vermansyah. Foto: Hendra Eka/Jawa Pos

SURABAYA - Persebaya Surabaya mengusung misi pantang kalah dalam laga uji coba melawan timnas Pra Piala Dunia (PPD). Malam ini (24/2) di Stadion Gelora Bung Tomo dijadwalkan Green Force akan meladeni permainan tim Merah Putih (siaran langsung SCTV pukul 19.30 WIB).

Menghadapi Wahyu Wijiastanto dkk, Persebaya dipastikan kehilangan enam pemain. Tiga diantaranya adalah kekuatan utama tim. Yakni Andik Vermansyah, Rendi Irwan, dan Taufiq. Andik bergabung dengan timnas U-21 sedang Rendi dan Taufiq bergabung timnas PPD.

Dengan kondisi tersebut Persebaya mau tak mau akan menurunkan banyak pemain pelapisnya. Pelatih Persebaya Divaldo Alves justru merasa beruntung dengan tampil tanpa beberapa penggawa pilarnya. "Justru ini akan menjadi momen penting bagi pemain yang jarang mendapat kesempatan bermain," kata Divaldo kemarin (23/2).

Sebut saja Sunaji (gelandang), Dimas Galih (kiper), Saddam Tenang (bek sayap), dan Wirya Kumandra (bek sayap) yang belum pernah sekalipun dimainkan dalam laga di Indonesia Premier League (IPL).

Lini pertahanan Persebaya juga akan diuji dalam pertandingan uji coba malam ini. Di jantung pertahanan, Otavio Dutra kemungkinan besar akan berduet dengan Khomad Suharto. Dua nama stopper lainnya, Rivelino Ardiles dan Jefri Prasetyo absen karena belum pulih dari cederanya. Rivelino cedera pada engkel kiri. Dan Jefri mengalami keseleo otot pada betis kirinya.

Nah, peran Taufiq sebagai mata rantai pertahanan dan penyerangan akan dipasrahkan kepada Jusmadi. Lantas Edy Gunawan besar kemungkinan menutup peran Rendi pada sektor penyerangan. Pemain seleksi, Korinus Fingkreuw juga ada kemungkinan diturunkan sebagai pemain pengganti. Pemain asal Papua itu memang harus menunjukkan yang terbaik jika ingin bergabung dengan Persebaya.

"Saya akan berusaha mengeksplorasi pemain-pemain yang jarang turun secara maksimal. Namun yang terpenting jangan sampai mental pemain drop gara-gara lawan yang dihadapi adalah timnas," ujar Divaldo.

Di sisi lain, asisten pelatih Persebaya Ibnu Grahan akan berusaha mengimbangi permainan timnas PPD di bawah asuhan Aji Santoso. Aji bagi Ibnu adalah sosok yang sangat familiar. Tahun lalu di ketika masih bermain di Liga Prima Indonesia (LPI), mantan pemain Persebaya ini adalah asisten Aji.

"Gaya main timnas pastinya ada karakter aliran bola cepat, serangan balik dengan long pass, jarak antara pemain gelandang serta bertahan rapat, dan kolektifitas tinggi. Itu adalah ciri Coach Aji dalam membentuk tim yang dipegangnya," beber Ibnu.

Di sisi lain, pelatih timnas PPD Aji Santoso mengakui persiapan tim yang dilatihnya memang minim. Pasalnya, mereka secara efektif baru berlatih bersama sejak 16 Februari lalu di Batu, Jatim. Kendati demikian, Aji cukup optimistis dengan kondisi timnya menjelang lawan Persebaya.

Pertandingan lawan Persebaya ini akan menjadi ajang pemantapan strategi timnas sebelum bertandang ke Bahrain, 29 Februari nanti. Karena itu, timnas akan memaksimalkan permainan bola-bola pendek dan cepat.

"Strateginya kami matangkan lawan Persebaya ini. Kami tekankan strategi ini karena untuk antisipasi kekalahan di sisi postur, jangan main bola panjang," ucap mantan pemain Arema dan Persebaya itu.

Soal formasi yang bakal diaplikasikannya, pelatih asal Malang itu menyebut akan menumpuk pemain di lini tengah dan hanya memakai satu striker. Alasannya, timnya kekurangan pemain dengan tipikal sebagai seorang striker murni. "Karena itu, nanti akan kami akan pakai lima gelandang dengan satu striker," tutur Aji.

Dalam pertandingan ini, panpel mencetak 30 ribu lembar tiket. Rinciannya kelas ekonomi sebanyak 23 ribu lembar dijual Rp 20 ribu. Kelas suporter cetak 5 ribu lembar dibanderol Rp 18 ribu. Lalu kelas utama sebanyak seribu lembar dihargai Rp 50 ribu tiap lembarnya. Dan kelas VIP sebanyak seribu lembar dibanderol Rp 100 ribu tiap lembarnya.

Sementara itu, Persebaya Divisi Utama juga akan melakoni laga uji coba melawan tim Divisi III, Kresno Suryananga pagi ini di Lapangan Menanggal. (dra/aam)
       
Perkiraan pemain

Persebaya (4-4-2) : Endra Prasetya (pg); Mat Halil, Otavio Dutra, Khomad Suharto, Erol Iba (c); Edy Gunawan, Jusmadi, Amaral, Mario Karlovic; Andrew Barisic, Feri Ariawan
Pelatih : Divaldo Alves

Timnas (3-6-1) : Syamsidar (pg); Diego Michiels, Abdulrahman, Wahyu Wijiastanto (c); Slamet Nurcahyo, Hengky Ardilles, Taufiq, Rendy Irawan, Ferdinand Sinaga, Syamsul Arif; Irfan Bachdim. 
Pelatih : Aji Santoso
BACA ARTIKEL LAINNYA... Michael Jordan Gugat Perusahaan China


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler