Tanpa Sosok Messi, Barcelona Tetap Juara Usai Pesta Gol Lawan Juventus

Senin, 09 Agustus 2021 – 06:04 WIB
Penyerang Barcelona Antoine Griezmann (kiri) berduel dengan full back Juventus Alex Sandro dalam laga pramusim bertajuk Trofi Joan Gamper. Foto: Twitter @juventusfc

jpnn.com, BARCELONA - Klub raksasa Spanyol Barcelona seolah membuktikan diri bahwa mereka siap mengarungi musim 2021/22 tanpa kehadiran megabintangnya, Lionel Messi.

Ya, Barca baru saja menjuarai sebuah turnamen pemanasan bertajuk Trofi Joan Gamper usai mengalahkan Juventus 3-0 di Estadio Johan Cruyff pada Senin (9/8) dini hari WIB.

BACA JUGA: Gagal Main Bareng Messi, Aguero Pengin Putus Sama Barcelona

Blaugrana -julukkan Barcelona- menurunkan kuartet Antoine Griezmann, Memphis Depay, Yusuf Demir, dan Martin Braithwaite untuk memimpin lini serangan. Sementara Sergio Aguero tidak tampak dalam bangku cadangan.

Go-gol kemenangan pasukan Ronald Koeman berasal dari Memphis Depay pada menit 3', Martin Braithwaite (57'), dan Riqui Puig (90+2').

BACA JUGA: Harry Kane Sudah Ngebet Pindah ke Manchester City

Jalannya Pertandingan

Bertindak sebagai tuan rumah, Barca langsung unggul ketika laga baru berjalan tiga menit lewat sontekan Memphis Depay memanfaatkan umpan terukur dari Yusuf Demir. Barcelona unggul 1-0 atas Juve.

Selepas gol cepat itu, Barca langsung mengurung pertahanan Si Nyonya Tua -julukkan Juventus-.

Pada menit 20', Barca sebenarnya mampu membobol gawang Juve usai sepakan Antoine Griezmann gagal diantisipasi dengan sempurna kiper Wojciech Szczesny.

Bola liar langsung dicocor oleh Yusuf Demir. Sayang, asisten wasit mengangkat bendera karena menganggap Griezmann berada dalam posisi off side ketika menerima umpan Depay.

Gol Griezmann pada menit 37' pun juga dianulir wasit. Bintang Prancis itu menceploskan bola ke gawang Juventus yang kosong setelah menerima bola muntah sepakan Braithwaite yang gagal ditangkap Szczesny.

Namun, kali ini wasit menganggap Braithwaite yang terperangkap off side. Alhasil, tak ada skor tambahan di babak pertama. Barca masih unggul 1-0 hingga turun minum.

Masuk babak kedua, Juve yang tertinggal coba menggebrak dengan mengganti enam pemainnya.

Pelatih Massimiliano Allegri memasukkan Mattia Perin, Luca Pellegrini, Danilo, Dejan Kulusevski, Weston McKennie dan Federico Chiessa untuk menggantikan Szczesny, Alex Sandro, Bentancur, Cristiano Ronaldo, Aaron Ramsey, Cuadradro.

Pada menit 50' Juve hampir menyamakan kedudukan andai sundulan Alvaro Morata tidak melebar dari gawang Barca.

Terlalu asyik menyerang, gawang Juventus kembali kebobolan pada menit 57' kali ini lewat sundulan Braithwaite. Penyerang Denmark itu mengecoh kiper Mattia Perin usai menerima umpan sepak pojok dari Memphis Depay. Barca 2-0 Juve.

Tuan rumah akhirnya memastikan kemenangan pada laga ini melalui aksi Riqui Puig di babak perpanjangan waktu. Puig melepaskan tembakan dari luar kotak penalti yang tak mampu diamankan Perin.

Barcelona akhirnya menutup laga dengan kemengan 3-0 dan berhak mengangkat Trofi Joan Gamper.

Hasil ini membuat Barca menutup laga pramusimnya dengan cukup baik. Sejauh ini anak asuh Koeman sudah menjalani lima laga uji coba dengan raihan empat kemenangan dan sekali kalah.

Selanjutnya, klub Katalan tersebut akan menghadapi Real Sociedad pada laga Liga Spanyol Senin (16/8) mendatang.

Sementara bagi Juventus, kekalahan ini memutus rentetan dua kemenangan pada laga uji coba sebelumnya.

Setelah laga melawan Barca, Juve masih akan menjalani satu uji coba terakhirnya melawan Atalanta sebelum turun di Serie A menghadapi Udinese pada Minggu (22/8) nanti.(mcr15/jpnn)


Redaktur & Reporter : Dhiya Muhammad El-Labib

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler