Target Sapu Bersih

Jumat, 18 Mei 2012 – 09:06 WIB
Suporter Bonek. Foto: S Deas/Jawa Pos

SURABAYA - Persebaya Surabaya mengejar poin penuh saat bermain di depan publik sendiri. Dalam lanjutan kompetisi Divisi Utama PT. Liga Indonesia (LI) di Gelora 10 Nopember, sore ini (siaran langsung ANTV 15.30 WIB) Cucu Hidayat dkk bertekad menghempaskan PSIM Jogja.

Saat ini Persebaya menempati posisi runner up grup 1. Selisih tiga poin dengan pemuncak klasemen Persita Tangerang. Dalam pertemuan pertama di Stadion Mandala Krida Jogja Januari lalu, Persebaya berhasil menahan imbang tuan rumah dengan skor 1-1.

Menjelang pertandingan sore ini, pelatih Persebaya Freddy Muli menyatakan kondisi timnya sangat siap. Berkat kemenangan 2-0 di markas PS Bengkulu 7 Mei lalu, konfidensi para pemain Persebaya naik. "Semangat tim sedang tinggi-tingginya. Saya kira peluang menang dari PSIM ini terbuka. Selama kami tak over confidence dan tetap fokus di lapangan, semuanya mungkin," kata Freddy.

Yang perlu menjadi perhatian, kekuatan Persebaya tereduksi lima pemain. Thomas Ryan (kiper), Zaenal Abidin (bek), Charles Parker (penyerang), dan Anton Irawan (penyerang) mengalami cedera. Sedang Wahyu Setianto absen lantaran menerima kartu merah di laga lawan PS Bengkulu.

Kehilangan lima pemain tersebut tidak membuat Freddy gusar. Mantan pemain Niac Mitra Surabaya itu menyatakan, para pemain yang disiapkan sebagai pengganti punya kemampuan yang hampir sama.

Di posisi kiper, Freddy mempercayakannya pada Ari Soma. Soma yang notabene kiper ketiga Persebaya tampil baik di dua laga sebelumnya. Lantas di jantung pertahanan, duet Muhammadou Al Haji-Taufik Hasbuna layak jadi pilihan utama.

Kembalinya Enjang Rohiman di sektor tengah membuat kerja gelandang Persebaya makin solid. Enjang akan berduet dengan Cucu Hidayat sebagai motor serangan. Posisi lini depan, Richard Obiora dan Supaham menjadi ujung tombak menggedor pertahanan PSIM. Obiora yang mencetak satu gol lawan PS Bengkulu telah mengakhiri masa "mandul" selama tujuh pertandingan sebelumnya.

Di sisi lain, pelatih PSIM Hanafing juga tidak mau menyerah begitu saja. Setelah menelan kekalahan di dua laga tandang sebelumnya, Laskar Mataram, julukan PSIM, bakal mencari poin pengganti. "Kami berusaha mencuri poin di sini. Apalagi saat ini, tim kami dan Persebaya sedang bersaing ketat memperebutkan posisi papan atas," sebut Hanafing usai melakukan sesi jajal lapangan kemarin.

Dari barisan skuad inti, semua pemain PSIM siap diturunkan. Emile Lingkers sebagai penyerang andalan PSIM, patut diwaspadai lini bertahan Persebaya. Lingkers saat ini menjadi penyumbang gol terbanyak buat PSIM dengan delapan gol.

Satu-satunya yang menjadi kendala PSIM adalah belum cairnya bonus dari lima laga sebelumnya. Harus diakui faktor tersebut membuat mental Nova Zaenal dkk bisa turun. "Kami tak memikirkan soal bonus. Kami konsen saja pertandingan ini," tutur Hanafing kemarin. (dra/ruk)

Perkiran pemain
Persebaya (4-4-2) : 23-Ari Soma (pg); 6-M.Hamzah,25-Muhammadou Al Haji,26-Taufik Hasbuna,2-Imam Yulianto;10-Habib Sukron,17-Cucu Hidayat (c),7-Enjang Rohiman,11-Basuki; 14-Supaham,32-Richard Obiora
Pelatih ; Freddy Muli

PSIM (4-2-3-1) : 21-Oni Kurniawan (pg); 77-Tulus Septianto, 23-Eko Purjianto, 15-Abda Ali, 27-Joni Sukirta; 24-Kristian Adelmund, 12-Eko Budi Santoso; 90-Reinhard Rumaikewi,7-Nova Zaenal (c), 17-M.Irfan; 99-Emile Lingkers
Pelatih : Hanafing

BACA ARTIKEL LAINNYA... Jerman Bersatu untuk Bayern


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler