Pemerintah negara bagian Tasmania memiliki target yang cukup ambisius, yakni menjadikan Tasmania sebagai negara bagian paling sehat di Australia pada tahun 2025.

Ambisi menjadikan Tasmania menjadi negara bagian paling sehat di Australia bukanlah hal yang mudah, malah bisa dikatakan sedikit sulit dilakukan.

BACA JUGA: Apartemen Termahal di Australia Terjual Seharga Rp 250 M

Sejumlah pengamat kesehatan mengatakan lebih dari dua pertiga warga Tasmania kelebihan berat badan atau mengalami obesitas. Tak hanya itu 70 persen warga tidak terlalu aktif dalam beraktivitas.

"Kita perlu mengedukasi warga soal pentingnya diet dan berolahraga, kita ingin mempermudah mereka untuk bisa memiliki kehidupan yang sehat," ujar Dr Tim Greenway dari Asosiasi Medis Australia (AMA).

BACA JUGA: Adegan Menembak di Video Game Bikin Pemain Game Benarkan Kekerasan

Rencananya Dr Greenway akan mengajak sejumlah pakar kesehatan dan ilmuwan untuk membuat strategi agar membuat warga Tasmania lebih sehat, dalam lima tahun kedepan.

Menurutnya juga untuk mencapai target ini tidak lepas juga dari peran pemerintah.

BACA JUGA: Pangeran Harry Bakal Sulit Imbangi Penglihatan Super Pasukan Pengintai Aborigin NORFORCE

"Pemerintah perlu memfasilitasi lingkungan yang kondusif, seperti pembangunan infrastruktur untuk mempermudah warga berjalan kaki, bersepeda, misalnya," jelas Dr Greenway.Keindahan Tasmania ingin dilengkapi dengan kebugaran dan kesehatan warganya.

Tak hanya itu, ia pun berharap adanya gebrakan untuk menurunkan harga makanan-makanan yang sehat di tingkat nasional.

Harga makanan sehat yang cukup mahal memang menjadi masalah bagi banyak keluarga.

Misalnya bagi Jean Bannister, ibu yang membesarkan anaknya sendirian. Ia mengaku menyiapkan gaya hidup yang sehat bagi anak-anak remajanya berarti berkompromi dengan dengan hal lainnya.

"Jika kita menyiapkan makanan sehat untuk sarapan, makan siang, dan makan malam, jadinya tidak bisa melakukan hal lain seperti bersosialisasi," ujarnya.

"Beberapa obat yang saya perlukan untuk penyakit artistis juga sangat mahal, jadi saya tidak bisa mengambilnya," tambah Bannister.

Sementara itu Meg Webb dari salah satu kelompok pemerhati kesejahteraan mengatakan mereka yang kurang mampu membutuhkan akomodasi yang baik, sebelum memusatkan perhatian pada makanan sehat dan menjadi aktif.

"Kita harus yakinkan bahwa warga mendapat pekerjaan, bisa memperbaiki keadaan mereka dan memiliki rumah yang terjangkau dan aman," jelas Webb.

Rencananya anggota parlemen di negara bagian Tasmania akan melakukan pembicaraan mengenai bagaimana pencegahan masalah kesehatan dalam waktu dekat.

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kini Abu Kremasi Mendiang Keluarga Bisa Diubah Menjadi Berlian Buatan

Berita Terkait