Tegang di Markas Oranje

Rabu, 13 Juni 2012 – 22:14 WIB

Kalah 0-1 oleh Denmark di laga pertama (9/6) benar-benar memukul Belanda. Maklum, di antara empat penghuni grup B, Denmark yang dibesut Morten Olsen itu sejatinya paling tidak diunggulkan. Siapa sangka Belanda malah keok saat menghadapi Denmark.
 
Lawan Belanda berikutnya adalah Jerman. Alhasil, nuansa senewen semakin tampak di markas Belanda di Sheraton Hotel, Krakow, Polandia, Senin (11/6). Entah dicekoki latihan apa saja oleh pelatih Bert van Marwijk, sepulang latihan pagi Arjen Robben dkk memasang wajah masam. Bahkan, mereka tidak menoleh ke arah puluhan fans yang menyemut di depan hotel.
 
"Mereka sangat lelah. Hari ini hanya ada sesi latihan pagi. Setelah ini beberapa pemain mengikuti konferensi pers. Setelah itu mereka harus tidur," terang seorang ofisial Belanda yang enggan disebut namanya saat ditemui Jawa Pos.
 
"Untung, kondisi semua pemain bagus. Tidak ada yang cedera. Tetapi, memang sangat butuh istirahat. Tidak ada waktu untuk santai," lanjut pria 50 tahun itu.
 

Cukup disayangkan jika para penggawa Oranje "julukan Belanda" tidak bisa rileks. Sebab, hotel tempat mereka menginap sejatinya sangat nyaman dan strategis. Letaknya berada tepat di tepi Sungai Wisla yang indah. Jika tidak sedang hujan, matahari bersinar hangat. Kalau mau, mereka bisa berwisata menyusuri sungai dengan kapal pesiar kecil atau makan-makan kapal yang dijadikan kafe dan restoran. Sangat artistik.
 
Di sisi yang lain berdirilah Wawel Castle yang sangat megah. Tembok-tembok dari bata merah serta menara bergaya gothic setinggi 50 meter seperti memagari sungai. Tetapi, karena itu pula, pasukan Belanda tidak bisa leluasa menikmati suasana sekitar basecamp yang memikat. Sebab, banyak sekali turis yang berdatangan dari berbagai penjuru Polandia.
 
Di depan hotel, banyak bus wisatawan diparkir. Bus resmi timnas Belanda bahkan berdampingan dengan bus-bus turis tersebut.
 
"Agak ramai di luar. Untung, suasana di dalam hotel tenang. Mereka tetap bisa bersantai kok di dalam. Hanya, belakangan ini tekanannya cukup berat," ucap si ofisial.
 
Setelah beristirahat sebentar, beberapa pemain minus Van Marwijk mengikuti konferensi pers di hotel lain tak jauh dari Sheraton. Lagi-lagi wajah pemain utama cukup serius. Robben, Wesley Sneijder, dan Mark van Bommel sama sekali tidak bisa menebar senyum. Hanya beberapa pemain cadangan yang masih bisa bersikap normal. (na/c8/ca)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Bandar Judi Favoritkan Der Panzer Menang


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler