Tegang! Neno Warisman Sebut Kepala BIN Daerah Kasar

Minggu, 26 Agustus 2018 – 18:44 WIB
Potongan video saat pemulangan Neno Warisman di Bandara SSK II Pekanbaru. (Foto: youtube/JPNN)

jpnn.com, PEKANBARU - Proses pemulangan pegiat deklarasi #2019GantiPresiden Neno Warisman dari Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru, Sabtu (25/8) malam, ternyata cukup dramatis dan sempat diwarnai ketegangan.

Hal ini terungkap dari rekaman video Neno berdurasi 01.30 detik yang disebar melalui pesan berantai WhatsApp pada Sabtu malam. Dokumentasi itu memerlihatkan suasana ketika perempuan berhijab itu dibawa masuk ke area bandara dan dikawal aparat bersenjata laras panjang.

BACA JUGA: Komentar Bang Ruhut soal Neno Warisman Diadang di Daerah

"Ya saya dipaksa pulang naik pesawat. Oo begitu, mau dipaksa pulang. O ternyata dibawa ke sini. Ya ya, tadi mobil ditimpukin dan dipaksa semua orang keluar dari mobil dan sekarang dibawa ke dalam bandara, terus pakai ada senjata semuanya, nih bapak-bapak bersenjata, saya mau dipaksa pulang," tutur Neno dalam rekaman videonya.

Neno sempat berpikir kalau dirinya tetap bertahan di bandara itu, kemungkinan pihak-pihak yang memaksanya pulang akan melakukan sesuatu hal.

BACA JUGA: Mabes Polri Sebut Neno Warisman Ditolak Warga Karena..


Potongan video saat pemulangan Neno Warisman di Bandara SSK II Pekanbaru.

"Kalau saya bertahan di sini kira-kira akan seperti apa? Pasti mereka akan melakukan satu hal, kekerasan. Jadi negeri ini enggak ada undang-undangnya, enggak ada perlindungan," katanya.

BACA JUGA: Bunda Neno Diadang Barikade Polisi dengan Pagar Betis

Ketika mobil yang membawa Neno berhenti, seseorang yang menurut Neno sebagai Kepala Badan Intelijen Negara Daerah (Kabinda) meminta pintu mobil dibuka. Nadanya tegas.

Saat itu juga sempat terjadi dialog dengan seseorang yang menemani Neno di dalam mobil. "Tadi kan bapak bilang mau berunding?" ucap pria berbadan besar itu.

Seketika langsung dijawab oleh Kabinda. "Siapa bilang, buka buka!," tegas seseorang yang diduga Kabinda, sembari mendorong pria yang mendampingi Neno. Terlihat, sempat terjadi ketegangan.

Di tengah ketegangan itu, Neno kembali melanjutkan testimoninya.

"Kabinda, dia mau paksa saya pulang naik pesawat. Dia paksa, selamatin tas saya, jangan sandera tas saya, jangan sandera tas saya. Itu dipaksa, itu Kabinda, kasar sekali dia, kasar sekali dia. Enggak apa-apa dia mau kasar sama saya. Enggak ada salahnya saya kok," kata Neno.

Wakil Ketua Komisi I DPR Hanafi Rais menyoroti tindakan Kabinda Riau yang turun tangan memulangkan Neno dari Pekanbaru, ke Jakarta.

"Kabinda, sesuai tupoksinya di UU Nomor 17 Tahun 2011 tentang Intelijen, khususnya di pasal 4, 5, 6, tidak bisa melakukan penindakan semacam itu. Itu bukan peran dan wewenang Kabinda," katanya menjawab JPNN, Minggu (26/8). (fat/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pendukung Kangmas Jokowi Tak Usah Panik Hadapi Neno Warisman


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler