Teknik Shading untuk Make Up Glamour

Selasa, 24 April 2012 – 21:29 WIB

TAMPIL di mana saja,  pada umumnya para wanita ingin selalu tampil menarik. Mulai dari berpakaian hingga tata rias wajah. Nah, tata rias wajah ini yang selalu menjadi masalah bagi para wanita. Terutama pada bagian wajah yang memiliki kekurangan, seperti pipi cubby atau temben dan hidung yang tidak mancung.

Sebenarnya, untuk menguasai tekhnik merias wajah ini, seorang wanita cukup mengetahui bentuk wajah, warna kulit, dan kekurangan pada wajah. Dasar ini yang kurang dipahami oleh kaum hawa, sehingga tata rias wajahnya menjadi norak. “Satu lagi yang harus dipahami, jenis kulit si wanita. Apakah berminyak atau tidak. Kalau berminyak pilih alat kecantikan yang tidak mengandung minyak. Agar tata rias wajah tetap awet,” ujar  trainer dari Mustika Ratu, Sri Nurhayatie, seperti diberitakan Sumut Pos (grup JPNN).

Untuk mendapatkan tata rias yang glamour dan awet, jalan pertama yang harus dilakukan adalah meletakkan tata rias dasar (foundation). Setelah itu, letakkan bedak padat, kemudian letakkan bedak tabur.

“Saat meletakkan foundation dan bedak padat, jangan ditepuk, tapi dioles, agar bedak dan foundation merata. Sedangkan bedak tabur untuk mengurangi minyak di wajah.” ungkap Sri.

Setelah meletakkan bedak, langkah selanjutnya dengan melakukan shading. Ini untuk pipi dan hidung yang memiliki kekurangan. “Pada dasarnya, shading ini untuk mengurangi kekurangan pada wajah, intinya memberikan efek kecil pada wajah,” tambahnya.

Langkah selanjutnya, meletakkan blush on di pipi. Disini juga harus perhatikan bentuk wajah. Wajah persegi, blush on digunakan mulai dari pelipis menuju bawah, dari bawah telinga hingga ke sudut bibir. Wajah bulat, tarik bawah hingga ujung bibir. Untuk wajah oval, mulai dari bawah telinga hingga sudut bibir. Sedangkan untuk wajah panjang, gunakan mulai dari pinggir kiri kanan pipi dan dagu.

Setelah pipi, yang harus dibetuk adalah alis mata. Ini sangat penting, karena alis berfungsi sebagai bingkai wajah. ‘’Jangan terlalu tinggi, karena akan berkesan angkuh. Ekspresi wajah, sangat ditentukan dengan alis mata,” tambahnya. Untuk membuat alis ini, cara yang baik adalah, menarik garis lurus dari cuping hidung ke sudut mata luar.

Selanjutnya, pewarnaan pada mata atau eye shadow. Agar terkesan natural, gunakan warna yang senada antara pipi, mata, bibir.  Jangan lupa tambahkan warna hitam, untuk menambah kesan glaomour. “Misalnya eye shadow menggunakan warna hijau, diatasnya tambahkan warna hitam, agar ada warna glamournya. Jangan takut gunakan warna hitam,” ungkap Sri. Terutama untuk eyeliner, jangan takut dengan warna hitam.

Langkah terkahir adalah meletakkan pewarna bibir. Untuk bagian ini, warna juga harus sesuai dengan mata dan pipi. Apabila belum puas dengan bentuk hidung, dapat dilakukan shading hidung.

Shading ini dilakukan pada sisi kanan dan kiri hidung agar hidung terlihat lebih tinggi. Bagian tengah hidung harus menggunakan bedak warna lebih terang. Sedangkan pada sisi kiri dan kanan hidung, warna bedak yang lebih gelap.  (ram)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Prevalensi Obesitas Mengalami Peningkatan


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler