Tempat Wisata Baru di Kota Batu Ini Cocok untuk Berlibur Bareng Keluarga

Selasa, 14 Februari 2023 – 11:59 WIB
Tempat Wisata Baru di Kota Batu Ini Cocok untuk Berlibur Bareng Keluarga. Foto: dok. Songgoriti Hot Spring

jpnn.com, BATU - Kota Batu, Malang, Jawa Timur menjadi destinasi wisata yang selalu ramai dikunjungi wisatawan domestik maupun mancanegara.

Udara sejuk dengan panorama alam yang indah serta kuliner lezat menjadikan Malang sebagai wisata favorit banyak orang.

BACA JUGA: 4 Rekomendasi Tempat Wisata Baru nan Unik di Bali Timur yang Kekinian

Kehadiran Songgoriti Hot Spring yang merupakan cafe resto dan wisata air panas menjadi incaran para wisatawan yang berlibur bareng keluarga ataupun kerabat.

Lokasi tempat wisata yang akan dibuka pada 18 Februari 2023, ini dikelilingi perbukitan sehingga memberi kenyamanan dan ketenangan.

BACA JUGA: Ini Tempat Wisata Baru di Palembang, Bisa Bersantai Sambil Melihat Jembatan Ampera

"Kawasan Songgoriti berada di lembah yang sekitarnya dikelilingi bukit. Udaranya sejuk, pemandangan yang indah," kata Budi Sudarmono, Direktur Operasional Songgoriti Hot Spring, dalam keterangannya, Selasa (14/2).

Menurutnya, Presiden Soekarno dahulu pernah beberapa kali bermalam di kawasan Songgoriti ini karena terpikat oleh keindahan dan sejarah kawasan tersebut.

BACA JUGA: Jakarta Punya Banyak Tempat Wisata, Silakan Dipilih

Kawasan ini sebenarnya lama terbengkalai. Sekarang sedang dilakukan pemugaran dan pembangunan besar-besaran dan bersiap menjadi pusat wisata di Kota Batu.

"Cafe & Resto ini satu-satunya yang memiliki hotspring berupa kolam renang dan Jacuzzi," tutur Budi Sudarmono.

Sensasi mandi air hangat dengan kandungan belerang di Songgoriti Hot Springs berasal dari sumber air legenda Candi Songgoriti.

Candi Songgoriti merupakan candi tertua di Jawa Timur, yang didirikan Mpu Sindok pada abad ke-9 M. Di bawah Candi ini terdapat 3 sumber air yakni air panas, air dingin dan air keruh hijau.

"Dari cerita yang berkembang, Candi Songgoriti merupakan lokasi pertemuan Ken Dedes dan Ken Arok. Dalam cerita lainnya, di candi inilah Empu Sendok, Empu Gandring, dan Empu Supo mencuci keris kesaktiannya,” cerita Budi.

Songgoriti Hot Springs buka setiap hari jam 10am - 10pm. Weekend buka mulai jam 8am -11pm. Lokasinya hanya 5 menti dari alun-alun kota Batu. (jlo/jpnn)

Simak! Video Pilihan Redaksi:


Redaktur & Reporter : Djainab Natalia Saroh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler