Tentukan Kualifikasinya, Baru Pilih Figurnya

Usul Amien Rais soal Capres 2014

Rabu, 27 Juni 2012 – 13:31 WIB

JAKARTA - Ketua Majelis Pertimbangan Pusat (MPP) Partai Amanat Nasional (PAN), Amien Rais, menyatakan bahwa kualifikasi calon presiden dan calon wakil presiden untuk 2014 nanti harus jelas. Tujuannya, agar capres terpilih benar-benar memiliki kualifikasi.

"Orang mau jadi imam masjid saja harus punya kualifikasi. Tidak sembarangan orang bisa jadi imam masjid. Atau seorang jadi pastor pun juga ada kualitasnya," kata Amien saat ditemui di Jakarta, Rabu (27/6).

Mantan Ketua MPR RI itu menambahkan, dari kualifikasi yang ditentukan itu baru dicari tokoh-tokoh yang dianggap memang bisa memenuhinya. Sebab, Indonesia dengan wilayah yang luas dan permasalahan yang beragam jelas membutuhkan pemimpin yang memiliki banyak kualifikasi.

"Kalau ketemunya misalnya 12 klasifikasi, nama-nama (capres dan cawapres) itu dilempar ke meja, cocokkan. Mana dari nama-nama itu yang mendekati kualifikasi, yang ideal itu yang mana," kata Amien lagi.

Selain itu Amien juga mengatakan, kualifikasi itu akan membuat rakyat tak kebingunan memilih capres. "Jadi nanti insyaallah kita itu punya dua atau tiga atau paling banyak empat capres cawapres sehingga rakyat tidak bingung memilihnya," lanjut bekas Ketua PP Muhammadiyah itu.

Bagaimana dengan wacana mengusung tokoh daerah sebagai capres-cawapres? Menurut Amien hal tokoh daerah pun tidak masalah diusung jadi capres/cawapres asal memenuhi kualifikasi. "Setelah ketemu kualifikasi itu, ternyata di Sumatera, Kalimantan, Papua ada tokoh yang hebat bisa dibawa ke tengah," kata dia.

Jadi, lanjut dia, yang terpenting adalah syarat ideal yang harus dipenuhi capres dan cawapres mendatang. Dia juga mengaku mendukung jika memang ada figur baru yang bisa dijagokan menjadi capres-cawapres. "Kalau memang ada wajah baru why not," pungkas Amien. (boy/jpnn)


BACA ARTIKEL LAINNYA... Gerindra Pilih Usung Cagub Incumbent


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler