Terancam Penjara, Fotografer Pilih Menghilang

Pemotret Kate Middleton saat tanpa Busana

Selasa, 18 September 2012 – 07:07 WIB
PARIS – Pihak Kerajaan Inggris membuktikan ancaman mereka untuk menggugat pihak-pihak yang menyebarkan foto telanjang dada (topless) istri Pangeran William, Kate Middleton, saat berlibur di Prancis. Ancaman itu membuat fotografer yang mengabadikan Duchess of Cambridge saat berjemur di sebuah kawasan resor di Prancis memutuskan untuk menghilang. Dia dikabarkan bersembunyi di sebuah tempat yang dirahasiakan.

Nama Valerie Suau, fotografer yang bekerja untuk sejumlah kantor berita di Eropa, masuk dalam gugatan yang diajukan pengacara pasangan pewaris takhta kerajaan Inggris itu ke pengadilan Paris, Prancis. Dalam gugatan itu, pihak pengacara meminta agar di fotografer dipenjarakan. Sumber di pengadilan menyatakan bahwa jika terbukti bersalah atau melanggar, Suau yang mendapat julukan ’’sewer’’ (comberan) itu bisa dihukum dua tahun penjara.

Tetapi, sebelumnya Suau membantah telah melakukan tindakan yang menyimpang. Dia mengaku telah mengambil gambar Kate dalam kondisi hampir telanjang saat berada di halaman sebuah resor senilai GBP 15 juta (sekitar Rp 231 miliar) milik Viscount Linley, sepupu Ratu Elizabeth II.

Meski begitu, dia mengklaim tidak melakukan apapun dengan foto-foto yang diambilnya pada 7 September lalu di Resor Chateau d’Autet, di Provence-Alpes-Côte d"Azur, sebelah timur Avignon, atau sekitar 100 kilometer utara Kota Marseille. Dalam gambar-gambar itu, Kate telanjang dada dan terlihat bagian pantatnya.

Foto-foto itu kemudian dipublikasikan majalah wanita di Prancis, Closer. Majalah tersebut telah menyatakan siap digugat di pengadilan. William dan Kate diketahui sudah menyiapkan bukti untuk memenjarakan semua pihak terkait publikasi foto-foto tersebut.

Suau telah menutup akun Facebook-nya. Dia semula mengaku hanya mengambil foto Kate dalam balutan bikini. Menurut Suau, seperti dilansir scallywagandvagabond.com, awalnya dia menyangka resor tempat menginap pasangan William dan Kate dijaga ketat petugas keamanan. Namun, dugaannya ternyata salah.

’’Saya mendapat sudut sehingga bisa bebas melakukan apa yang saya suka untuk mengambil gambar pasangan itu ketika menikmati liburan. Ada sudut panjang yang jelas dari jalanan umum,’’ papar Suau.

’’Beberapa orang lain melintas di sekitarnya. Termasuk, pejalan kaki dan pesepeda, serta staf resor mewah itu,’’ kisahnya. ’’Sang putri (Kate), saya yakin, mengerti situasi tersebut. Dia mungkin harus lebih berhati-hati untuk tidak memamerkan tubuhnya dalam posisi seperti itu,’’ katanya.

Belakangan, diketahui jalanan tempat Suau mengambil gambar Kate ada di seberang resor itu. Juga, ada fotografer lain yang ikut mengabadikan foto-foto pasangan tersebut. Namun, Suau menolak menyebut identitas fotografer yang diduga juga menjual fotonya ke sejumlah media tersebut. Foto-foto Kate saat mengenakan bikini yang diambil Suau dipublikasikan oleh harian lokal La Provence. (Dailymail/cak/dwi)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Tak Aman di Rumah, Produser Film Anti-Islam Pilih Sembunyi

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler