Terbitkan 5 Inpres, Pemerintah Borong Ternak

Jumat, 05 November 2010 – 15:59 WIB
JAKARTA — Lima instruksi dikeluarkan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) terkait penanganan bencana gunung Merapi yang meletusInpres tanggap darurat itu diterbitkan karena letusan Merapi tak menentu

BACA JUGA: Lapor Setiap Saat, Tewas Jadi 64 Orang

Dikhawatirkan korban letusan terus bertambah
Apalagi sudah 73 korban tewas dan puluhan yang luka-luka

BACA JUGA: SBY Minta Warga di Jarak 20 Km Kian Waspada



"Instruksi Presiden ini agar penanggulangan bencana dibuat satu pintu dibawah komando Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Syamsul Muarif," kata SBY.

Pola kerja di lapangan, lanjut SBY, undang-undang memberi otoritas kepada pejabat setingkat menteri, dibantu oleh Gubernur DIY, GUbernur Jawa Tengah, Pangdam IV Diponegoro, Kapolda Jawa Tengah dan Kapolda DIY.

Instruksi kedua, penyaluran bantuan dipastikan aman sampai ke tangan korban Bantuan harus dipastikan mengalir dari pusat ke daerah dibawah komando Menko Kesra
Instruksi ketiga, TNI akan mengerahkan satu brigade plus penanggulangan bencana yang akan dipimpin oleh setingkat Brigadir Jenderal.

"Tim yang terdiri dari batalyon kesehatan, infantri, marinir, perbekalan, dan angkutan (bisa lebih dari satu brigade)

BACA JUGA: Merapi Mengganas, SBY Ngantor di Jogja

Bertugas membangun fasilitas, RS lapangan, aktifkan semua fasilitas RS yang ada di Jogja, membangun dapur umumSehingga kepanikan masyarakat akibat meluasnya daerah bencana ini dapat diatasiTNI juga akan memobilisasi kendaraan masyarakat dari satu tempat ke tempat lain," kata SBY.

Instruksi keempat, Polri diminta fokus membantu lalulintas, manusia, dan kendaraanSerta melakukan operasi pengamanan bagi masyarakatSelain itu, penting pula dilakukan pengamanan terhadap pengungsi dan rumah pengungsi yang ditinggalkan.

Instruksi ke lima, pemerintah memutuskan untuk membeli seluruh sapi dan ternak warga yang menjadi korban MerapiSelama ini, kata Presiden, banyak warga yang kembali ke pemukiman meski berada dalam zona berbahaya karena memikirkan ternak.

"Kami sudah putuskan dengan anggaran pemerintah yang ada, seluruh ternak dan sapi warga yang menjadi korban Merapi, akan dibeli pemerintah dengan harga yang wajarAda yang bilang, sapi mereka dibeli murahItu sungguh tidak baik karena menambah beban para korbanKarena itu sudah kita putuskan untuk membeli seluruh ternak para korban," kata Presiden.(afz/gus/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Demokrat-PDIP Larang Pasang Bendera di Merapi


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler