Tercepat, Stoner Malah Pusingkan Chassis

Jumat, 25 Februari 2011 – 16:19 WIB
SEPANG - Peta persaingan MotoGP 2011 sedikit terkuakDua kali sesi uji coba yang berlangsung di Sepang, Malaysia, menunjukkan kesiapan tim-tim dan pembalapnya di musim baru

BACA JUGA: Jendry Pitoy Gabung Persija

Tim Repsol Honda memberikan ancaman keras pada juara bertahan Yamaha dan tim-tim lainnya di dua sesi uji coba pramusim tersebut.

Fakta dari dua sesi uji coba pramusim membuktikan RC212V yang diandalkan Honda memiliki keunggulan dibandingkan motor-motor lain
Pembalap anyar Honda Casey Stoner dengan mudah selalu memuncaki catatan waktu terbaik di tiga hari uji coba kedua

BACA JUGA: Roma Jengkel Adriano Terus Berulah

Mantan andalan Ducati itu seperti tak perlu menjalani adaptasi hingga langsung tampil cepat bersama Honda.

Hari ketiga uji coba kedua di Sepang makin menjelaskan kelihaian Stoner bersama Honda
Kemarin (24/2) WIB, Stoner memperbaiki catatan waktunya lagi

BACA JUGA: Nurdin Sudah Keenakan!

Pembalap Australia itu mencatatkan waktu terbaik 1 menit 59,665 detik sekaligus melakukan sapu bersih di sesi kedua uji coba pramusim.

Hebatnya, catatan waktu terbaik itu didapatkan Stoner di lap kedua mengawali hari ketigaDia pun menjadi pembalap pertama yang mampu meraih waktu di bawah dua detik di SepangRekan setimnya di Repsol Honda Dani Pedrosa, bergabung mencatatkan waktu di bawah dua detik beberapa saat kemudianHingga akhir sesi, hanya mereka berdua yang mampu meraih waktu di bawah dua detik.

Pedrosa tertinggal 0,138 detik saja dari StonerSementara, tempat ketiga dihuni Marco Simoncelli yang juga menunggang RC212V tapi membela tim satelit Honda GresiniPembalap Repsol Honda lainnya, Andrea Dovizioso melengkapi top four.

Honda dan Stoner sudah sangat siap memasuki arena pertarungan perebutan gelar musim 2011Sejak hari pertama uji coba kedua, Stoner sudah menyatakan sangat puas dengan performa HondaMeski demikian, Stoner mengaku masih terkendala dalam memilih rangka (chassis) motor yang bakal digunakan dalam balapan nanti.

Ada dua chassis yang ditawarkan untuk dipasang di motor RC212V StonerTanpa disebutkan lebih detail, masing-masing memiliki kelemahan dan kelebihanNamun kedua rangka motor tersebut ternyata juga mampu tampil kencang saat di uji cobaJadi, mau diutak-atik seperti apapun, secara alami RC212V musim ini sudah memiliki potensi untuk melaju cepat.

Hal itulah yang membuat pusing StonerTentu saja pusing dalam artian positif"Kami masih membandingkan dan mencoba memahami chassis mana yang terbaik dari dua pilihan ituMasing-masing mampu melaju dengan kecepatan yang hampir sama dengan menggunakan ban yang samaIni yang membuat saya sedikit frustrasi," beber Stoner.

Pabrikan lain yang paling dekat adalah YamahaDi hari terakhir, pembalap anyra tim pabrikan Yamaha Ben Spies berada di posisi kelimaDia berada di atas Colin Edwards (Yamaha Tech 3) dan juara bertahan Jorge LorenzoTapi, ketiganya terpaut lebih dari satu detik dari Stoner.

Di tiga hari sesi uji coba kedua, Stoner memilih memakai ban dengan compound kerasCukup beralasan karena suhu lintasan Sepang mencapai 56 derajat Celsius pada jam dua siang waktu setempat.

Kesempatan untuk mengetahui kondisi terbaik bisa dilakoni di uji coba pramusim terakhir yang berlangsung pertengahan Maret, di Losail QatarMasih ada satu kali sesi uji coba lagi menjelang musim 2011 dimulai di Losail, QatarSaat itulah, kemungkinan Stoner haarus menentukan pilihan chassis dan setting mana yang akan dibawa ke musim 2011.

Tapi, sebelumnya Stoner sudah pengalamanJika waktunya sempit untuk menentukan pilihan, Stoner akan melihat ketika ia memacu motor Ducati Desmosedici yang ditungganginya sejak 2007 hingga musim lalu"Saat bersama Ducati saya memilih rangka berbahan karbon dengan swingarm dari alumuniumKarena satu rangka terlalu kaku, lainnya terlalu lembekSekarang (bersama Honda) pilihannnya chassis yang satu lebih bagus daya cengkeramnya, yang lainnya memiliki traction (tarikan) yang lebih baik," ungkap StonerJadi, intinya, mau diutak-atik seperti apa, Stoner dan RC212V bakal menakutkan di musim depan(ady/ito/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Bisa Saja Saya Mundur Sebelum Kongres


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler