Terganggu Hantu Cedera

Senin, 10 September 2012 – 10:19 WIB
LONDON - Timnas Inggris memulai perjuangan di kualifikasi Piala Dunia 2014 dengan mantap. Mereka melibas Moldova lima gol tanpa balas. Sayang, kemenangan itu harus dibayar mahal dengan cederanya tiga pemain utama di lini belakang.

Ya, Inggris dipastikan tidak bisa memakai tenaga Ashley Cole, John Terry, dan Phil Jones. Mereka mengalami cedera engkel. Paling parah Jones yang harus absen selama dua bulan.

"Phil Jones harus menjalani operasi karena cedera yang dialami ketika latihan. Dia kemungkinan harus absen selama enam hingga delapan pekan untuk rehabilitas," begitu keterangan di situs resmi FA, seperti dikutip Associated Press.

Situasi yang tidak menyenangkan buat Roy Hodgson. Sebab, pada pertandingan berikutnya, mereka harus bertarung dengan salah satu pesaing utamanya di grup H, yakni Ukraina di Wembley (11/9). Ukraina yang datang dengan ambisi balas dendam.

Pada bentrok terakhir kedua tim, Inggris mengandaskan harapan Ukraina yang merupakan tuan rumah Euro 2012 untuk melaju ke perempat final. Pada pertandingan terakhir di grup D, Inggris menang 1-0. Saat itu ada satu gol Ukraina yang tidak dianggap sah.

Tanpa Jones dan Terry, Inggris memang masih memiliki Joleon Lescott, Phil Jagielka, dan Gary Cahill. Hanya, secara pengalaman, belum ada yang bisa menggantikan peran Terry. "Kami hanya berharap kondisinya segera membaik," bilang Hodgson.

Untungnya, Hodgson memiliki cukup banyak opsi di belakang. Selain bek tengah, absennya Cole di posisi bek kiri bisa tergantikan dengan baik. Mereka masih memiliki bek Everton Leighton Baines yang tampil brilian melawan Moldova.

Inggris berada di grup yang sulit pada kualifikasi Piala Dunia 2014. Selain Ukraina, mereka juga tergabung bersama tuan rumah Euro 2012 lainnya Polandia. Selain itu ada Montenegro yang berpotensi menjadi kuda hitam.

Kalau Inggris bermasalah di lini belakang, maka Italia bermasalah di tengah dan depan. Setelah Thiago Motta, Antonio Cassano, dan Mario Balotelli tidak dipanggil, kini giliran Daniele De Rossi yang menyusul cedera.

Gelandang AS Roma itu harus absen selama sebulan karena cedera paha. De Rossi yang semula kurang fit, tetap dipaksakan bermain dan akibatnya harus keluar lapangan pada menit ke-66 ketika Italia menahan imbang Bulgaria 2-2 (7/9).

"Dia sebenarnya menginginkan kembali, tetapi kami tidak mau mengambil risiko," kata Cesare Prandelli, pelatih Italia kepada Sky Sport.

Berdasarkan laporan Gazzetta dello Sport, selain paha, De Rossi juga mengalami masalah dengan bisep-nya. Dengan begitu, dia dipastikan absen ketika Italia menjalani laga kedua melawan Malta di Modena (11/9). Dia baru bisa kembali saat Italia melawan Armenia pada 12 Oktober nanti.

Tanpa De Rossi, Prandelli bakal memakai tenaga Antonio Nocerino untuk menemani Cladio Marchisio dan Andrea Pirlo untuk menguasai lini tengah. "Kami masih memiliki sejumlah gelandang muda yang potensial," kata Prandelli.

Selain Nocerino, Italia masih memiliki gelandang muda Paris Saint Germain Marco Verratti dan gelandang Sampdoria Andrea Poli. Kesempatan bagi keduanya untuk menambah caps, selama ini keduanya hanya memiliki satu caps bersama Gli Azzurri, julukan Italia.

Prandelli memang tidak begitu khawatir karena lawan yang dihadapi tidak begitu berat. Justru inilah kesempatan yang tepat untuk menjajal pasukan mudanya. Makanya, dia juga meninggalkan pemain seperti Riccardo Montolivo meski dalam keadaan fit bersama AC Milan. (ham)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Abo Enggak Diperlukan

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler