Terima Estafet Kepemimpinan, Puan Nyatakan Kesiapan DPR RI Jadi Tuan Rumah P20

Jumat, 08 Oktober 2021 – 21:39 WIB
Ketua DPR RI Puan Maharani menyatakan DPR RI siap menjadi tuan rumah forum parlemen negara G20 atau P20 pada 2022. Foto: DPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Ketua DPR RI Puan Maharani menyatakan DPR RI siap menjadi tuan rumah forum parlemen negara G20 pada 2022.

Hal itu dikatakan Puan pada penutupan Seventh Group of 20 Parliamentary Speakers’ Summit (P20) di Roma, Italia.

BACA JUGA: Hasil Survei: Elektabilitas Ganjar Tetap Moncer Meski PDIP Dukung Prabowo-Puan

Dia juga mengundang secara resmi pimpinan parlemen negara G20 untuk hadir.

“Kami mengucapkan apresiasi atas kepemimpinan dan capaian Presidensi Italia dalam rangkaian acara G20 tahun ini, termasuk dengan menyelenggarakan P20,” kata Puan saat menerima estafet kepemimpinan P20 dari Italia di Roma, Jumat (8/10).

BACA JUGA: Hasil Survei SMRC: Bandingkan Elektabilitas Habib Rizieq & Puan Maharani

Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menerima tongkat estafet Presidensi G20 dari Italia pada akhir Oktober mendatang.

“Mulai 1 Desember 2021, Indonesia mendapat kepercayaan memegang Presidensi G20. Kami siap untuk melanjutkan kesuksesan Presidensi G20 Italia,” ujar Puan.

Menurut dia, Presidensi G20 Indonesia mengambil tema Recover Together, Recover Stronger untuk menjawab tantangan global. Puan kemudian mengungkap isu-isu prioritas Presidensi G20 Indonesia.

BACA JUGA: Survei Terbaru: Ganjar Menguat, Puan Masih Jauh di Bawah AHY

Yakni, lanjut Puan meningkatkan produktivitas, membangun ekonomi dunia yang tangguh dan stabil, mendorong pertumbuhan yang inklusif dan berkelanjutan.

"Selain itu, menciptakan lingkungan yang kondusif bagi kemitraan antar-pemangku kepentingan, serta memperkuat kepemimpinan kolektif global,” urai perempuan pertama yang menjabat sebagai Ketua DPR RI ini.

Puan menekankan dunia perlu bersatu untuk menyelesaikan masalah global secara. Oleh karena itu, Indonesia juga akan menekankan pentingnya kemitraan dan inklusivitas selama Presidensi G20.

“Indonesia tidak hanya akan memperhatikan kepentingan anggota G20 saja, namun juga kepentingan negara berkembang, di Asia, Afrika, Amerika Latin, termasuk negara-negara kepulauan kecil di Pasifik dan Karibia,” tegas Puan.

Pada gelaran P20 Indonesia bakal mengambil tema ‘Peran Parlemen dalam Mendorong Pertumbuhan yang Lebih Tinggi dan Masyarakat yang Sehat’.

Usulan agenda utama P20 di Indonesia yakni membahas pembangunan berkelanjutan dan ekonomi hijau, kesehatan, pemberdayaan manusia, dan peningkatan kapasitas.

“Kami akan meningkatkan kontribusi P20 dalam pemulihan pandemi dalam kerja sama G20. Hal ini akan membutuhkan sinergi parlemen sebagai mitra strategis pemerintah dalam mendiskusikan agenda G20,” ucap eks Menko PMK tersebut.

“Kami sangat mengharapkan dukungan dari hadirin semua untuk kelancaran penyelengaraan Presidensi G20 Indonesia. Terima kasih dan sampai bertemu di Indonesia tahun depan,” ucap Puan.

Gelaran acara tahunan negara-negara G20 akan diselenggarakan di Indonesia pada September 2022. P20 yang merupakan forum parlemen negara-negara G20 diselenggarakan dalam satu rangkaian KTT G20 yang digelar Pemerintah. (jpnn)


Redaktur & Reporter : Elvi Robia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
DPR RI   Puan   Puan Maharani   P20   G20  

Terpopuler