Terima Lawatan Obor Paskah Nasional XIX, Ini Pesan Penting Disampaikan Ketua MPR

Sabtu, 10 Juni 2023 – 21:56 WIB
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo alias Bamsoet menyampaikan sejumlah pesan penting saat menerima lawatan Obor Paskah Nasional XIX dari Ketua Lembaga Paskah Nasional Pendeta Sepphard Supit, Sabtu (10/6). Foto: Dokumentasi Humas MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menyampaikan sejumlah pesan penting saat menerima lawatan Obor Paskah Nasional XIX dari Ketua Lembaga Paskah Nasional Pendeta Sepphard Supit.

Bamsoet yang akrab disapa itu menyampaikan konflik atas nama agama di dunia sudah tidak terkira jumlahnya.

BACA JUGA: Buka Paskah Nasional, Wamen ATR Serukan Pemilu Damai dan Tegak Lurus pada Jokowi

Namun, lanjut Bamsoet, bangsa Indonesia patut bersyukur memiliki Pancasila yang menyatukan dalam satu ikatan kebangsaan. Diterima semua paham, golongan, dan kelompok masyarakat.

"Maka masa depan kebersamaan kita sebagai sebuah bangsa, akan sangat ditentukan oleh kesungguhan mengimplementasikan dan mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara," ujar Bamsoet.

BACA JUGA: GMIT: Paskah Dimaknai untuk Bisa Jadi Berkat Bagi Sesama

Ketua ke-20 DPR itu menyampaikan sebagaimana hari-hari besar agama lainnya, perayaan Paskah memiliki makna simbolis terhadap berbagai nilai fundamental yang dapat didayagunakan dalam menyejukan suasana kebangsaan dalam menghadapi Pemilu 2024.

Bamsoet mengatakan Paskah dapat dimaknai sebagai semangat pembaruan yang bisa didayagunakan untuk membangun budaya politik baru, berorientasi sepenuhnya pada kepentingan dan kesejahteraan rakyat, dan bukan menghamba pada kepentingan politik sesaat.

"Mari dukung calon pemimpin nasional dengan sewajarnya. Tidak perlu fanatik dan berlebihan, apalagi sampai mengorbankan ikatan kekeluargaan, menyebabkan perceraian, membelah ikatan soliditas kebangsaan, hingga berujung pada rusaknya persaudaraan antar sesama anak bangsa," pesan Bamsoet.

Bamsoet menyampaikan Paskah juga dapat dimaknai sebagai simbolisasi lahirnya sebuah harapan.

Karenanya, dia berpesan penyelenggaraan Pemilu dan Pilkada Serentak 2024 harus mampu mewujudkan harapan lahirnya Indonesia yang lebih baik dalam segala aspek dan dimensi.

"Selain itu, Paskah merupakan cerminan peristiwa kebangkitan. Maka, marilah kita maknai penyelenggaraan Pemilu dan Pilkada Serentak sebagai momentum untuk menghimpun segala sumberdaya untuk bangkit bersama, tanpa memandang perbedaan latar belakang dan warna politik," pesan Bamsoet lagi.

Sebagai informasi, turut hadir menerima lawatan Obor Paskah Nasional XIX, antara lain Wakil Ketua MPR Fadel Muhammad beserta istri, Ketua Dewan Penasihat Daulat Raja Panuturi Hasadaon Jooner Rambe, Dirjen Binmas Kristen Kementerian Agama Prof Thomas Pentury, serta Ketua Umum Kerukunan Keluarga Kawanua Angelina Tengker. (mrk/jpnn)

Jangan Lewatkan Video Terbaru:


Redaktur : Sutresno Wahyudi
Reporter : Sutresno Wahyudi, Sutresno Wahyudi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler