Ternyata Ini Penyebab Rambut Rontok

Sabtu, 18 Februari 2017 – 02:28 WIB
Rambut. ILUSTRASI. FOTO: Dok. JPNN.com

jpnn.com - jpnn.com - Rambut merupakan mahkota bagi setiap orang, memiliki rambut yang sehat dan berkilau tentu saja diinginkan oleh setiap orang, terutama wanita.

Namun beberapa kebiasaan yang mungkin tidak disadari oleh banyak orang bisa menjadi salah satu penyebab kenapa rambut bisa mengalami masalah, misalnya masalah kerontokan sehingga rambut menjadi semakin tipis.

BACA JUGA: Begini Cara Terbaik Hilangkan Rambut Yang tak Diinginkan

Selain melakukan langkah pencegahan, tentu saja Anda harus mengetahui kenapa rambut bisa rontok dan menjadi semakin menipis.

Apa penyebab rambut rontok? Berikut ini ulasannya, seperti dilansir laman Prevention, Kamis (16/2).

1. Stres

Rambut rontok bisa jadi karena stres, Anda sedang sakit dan cenderung mengalami penurunan berat badan.

Kadang-kadang ketika orang melakukan diet yang sangat ketat atau mengalami penurunan berat badan secara dramatis karena mereka sedang sakit, rambut tubuh cenderung menjadi menipis.

Ini bisa juga terjadi setelah trauma, seperti operasi besar atau melahirkan, rambut rontok mungkin mulai terjadi pada minggu ke-6 sampai 3 bulan sesudahnya. Jika Anda bisa menghindari stres yang sedang berlangsung, masalah rambut rontok bisa berakhir dengan sendirinya.

2. Kemoterapi

Kemoterapi tidak hanya menargetkan sel-sel kanker yang membelah dengan cepat, tetapi juga memengaruhi sel-sel dari folikel rambut Anda yang mengakibatkan rambut rontok.

Biasanya, rambut mulai tumbuh kembali beberapa minggu setelah pengobatan kemoterapi berakhir.

3. Estrogen Anda rendah

Kadar estrogen juga menurun selama menopause yang mengakibatkan rambut rontok. Tapi jika Anda lebih muda dan estrogen Anda rendah, dokter Anda mungkin akan memberikan Anda pil KB untuk meningkatkan tingkat hormon Anda.

4. Kadar androgen Anda yang tinggi

Pada beberapa wanita, rambut rontok mungkin disebabkan oleh adanya hormon androgen atau hormon laki-laki.

Hal ini mungkin terjadi turun-temurun atau karena kista ovarium, kehamilan atau menopause. Pil KB bisa membantu atau Anda mungkin perlu obat untuk memblocking androgen Anda.

5. Diet Anda kacau

Setelah hormon seimbang dan Anda masih menghadapi masalah rambut rontok, itu biasanya diakibatkan oleh kekurangan gizi.

Jika tingkat mineral Anda rendah, tiroid tidak bisa berfungsi dengan baik dan tiroid yang tidak bekerja dengan baik bisa menyebabkan rambut rontok yang bisa diatasi dengan suplemen zat besi.

6. Anda memiliki masalah kulit

Berbagai kondisi dermatologis bisa menyebabkan rambut rontok. Biasanya disebabkan oleh penyakit seperti alopecia areata, penyakit autoimun yang menyerang folikel rambut.(fny/jpnn)


Redaktur : Fany
Reporter : Fany, Friederich

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler