Terobosan Masif, BP2MI Ekspansi dan Menjajaki Peluang Kerja PMI di Kanada

Kamis, 25 Juli 2024 – 08:45 WIB
Sekretaris Utama BP2MI Rinardi melakukan courtesy call dengan Duta Besar RI untuk Kanada Daniel Tumpal Simanjuntak. Foto: BP2MI.

jpnn.com - JAKARTA - Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) benar-benar mewujudkan tagline 2024 "Gerak Massif, Kerja Progressif" yang tidak hanya diterjemahkan dalam bentuk transformasi di internal, tetapi juga dilakukan lewat eskpansi kerja sama secara eksternal. Hal itu senada dengan spirit kolaborasi yang terus-menerus yang digelorakan Kepala BP2MI Benny Rhamdani.

Baru baru ini, BP2MI melakukan kunjungan kerja ke Kanada dalam rangka memperluas peluang kerja di Kawasan Amerika Utara. Dalam kunjungan itu, delegasi yang dipimpin Sekretaris Utama BP2MI Rinardi melakukan courtesy call dengan Duta Besar RI untuk Kanada Daniel Tumpal Simanjuntak di Wisma Indonesia di Ottawa, Kamis (11/7).

BACA JUGA: Temui Recruitment Agency di Amerika Serikat, BP2MI Jajaki Kerja Sama Penempatan Registered Nurse

Rinardi mengatakan bahwa BP2MI berkomitmen menjalin kerja sama dengan Pemerintah Provinsi New Brunswick, Kanada, di sektor kesehatan dengan skema G to G (government to government). Menurut Rinardi, tidak menutup kemungkinan provinsi dan teritori lainnya di Kanada, juga akan menyusul dalam menjalin kerja sama dengan Pemerintah Indonesia.

"BP2MI dalam agenda kunjungan kerja ini adalah untuk menjajaki kerja sama dengan Pemerintah Provinsi New Brunswick, Kanada. Komitmen BP2MI untuk berbenah dalam kerja sama dan aktif membangun kolaborasi dengan semua pihak akan kami pertahankan. Ke Kanada, kerja sama tidak sebatas di New Brunswick semata, peluang ini terbuka di daerah lainnya yang ada di Kanada," ujar Rinardi dalam keterangannya, Kamis (25/7).

BACA JUGA: BP2MI Tingkatkan Kolaborasi dengan Pers untuk Melindungi PMI

Menurut Rinardi, BP2MI juga ingin memperluas kerja sama penempatan PMI di sektor lain dengan pihak Pemerintah Kanada, yang belum pernah dijajaki sebelumnya. Dengan demikian, BP2Mi tidak sekadar menutup diri pada ruang kerja sama yang parsial.

"Sudah barang tentu kami juga tidak terfokus dan menutup diri dalam skema kerja sama tertentu. Untuk itu, dalam kunjungan ini BP2MI menggarap, berikhtiar membangun dialog dalam rangka mencari peluang kerja di sektor lainnya. Semua yang kami lakukan ini demi para pekerja migran Indonesia, demi Indonesia tercinta," kata mantan Sestama Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK), itu.

BACA JUGA: Benny Dukung Polisi Usut Kasus ASN BP2MI Jadi Kurir Sabu

Duta Besar RI untuk Kanada Daniel Tumpal Simanjuntak bersama jajarannya menyambut baik kunjungan kerja BP2MI itu. Dia pun menyambut baik rencana BP2MI untuk memperluas kerja sama tersebut.

"Kami menyambut baik kehadiran rombongan dari BP2MI dalam rangka kunjungan kerja. Prinsipnya, kami ikut memberi support dan menyampaikan informasi, atau apa saja yang diperlukan di Kanada. Terkait kerja sama ini sangatlah baik, sehingga kami sudah pasti memberikan dukungan atas hal tersebut," kata Daniel dalam keterangan yang sama.

Selain itu, pihak Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Ottawa mendukung terealisasinya kerja sama tersebut. KBRI juga mendorong terwujudnya kerja sama serupa dengan provinsi dan teritori lainnya di Kanada.

Untuk diketahui, tim BP2MI yang mendampingi Sestama Rinardi dalam kunjungan kerja itu, antara lain, Deputi Penempatan dan Pelindungan Amerika dan Pasifik Agustinus Gatot Hermawan, Pengantar Kerja Ahli Muda Sheny Fithriani, Analis Penempatan dan Pelindungan PMI Septian Wijayanti, dan Penyusun Berita dan Pendapat Umum Risky Maulyan Anggit.  (*/boy/jpnn)


Redaktur & Reporter : M. Kusdharmadi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler