Tertantang Sukses Senior

Matador Muda Incar Emas Olimpiade

Minggu, 08 Juli 2012 – 09:54 WIB

MADRID -  Sukses tim senior Spanyol merajai pentas Euro 2012 menumbuhkan motivasi bagi para junior mereka yang berlaga di Olimpiade 2012.  Mereka bertekad untuk menyamai prestasi seniornya dengan merebut medali emas di pesta olahraga multieven terbesar di dunia itu.

"Kami sangat termotivasi memulai petualangan dan mengakhirnya dengan meraih medali (emas)," kata Iker Munian, bomber timnas Spanyol untuk Olimpiade 2012 kepada Goal.

Jika berhasil meraih emas, Spanyol akan mengikuti jejak Uruguay, Italia, dan Jerman (Barat). Tiga negara ini berhasil meraih medali emas setelah dua tahun sebelumnya sukses merebut trofi Piala Dunia.

"Kami masih muda dan kami akan pergi ke kompetisi dengan motivasi yang sama seperti mereka," sambung kiper David de Gea.

"Mereka mencapai sesuatu yang bersejarah dan banyak harapan pada kami sekarang, tapi itu tidak akan semudah yang dipikirkan orang. Kami akan melakoni banyak pertandingan. Kami harus fokus pada setiap pertandinganya, mengetahui kekuatan lawan, dan berharap lolos ke final," lanjut kiper Manchester United tersebut.

De Gea tak memungkiri kalau saat ini dia dan rekan-rekannya berada dalam tekanan.  Publik tentu sangat memfavoritkan Spanyol mengingat tim seniornya baru saja merebut trofi Euro 2012. "Namun, kami adalah tim muda dan kami semakin termotivasi dengan keberhasilan timnas senior," ujar De Gea.

Demi ambisi merebut emas Olimpiade, pelatih Luis Milla tetap menyertakan tiga pemain senior.  Yakni Javi Martinez, Jordi Alba dan Juan Mata. Pelatih timnas Spanyol senior Vicente del Bosque mendukung keputusan Milla menyertakan tiga pemain senior dalam daftar 22 pemain di skuad sementara Matador muda.

Del Bosque bahkan memprediksi kalau Alba bakal semakin bersinar di Olimpiade. Sebab, dibanding Mata dan Martinez, Alba bermain lebih banyak di Euro 2012. Bahkan bek anyar Barcelona itu selalu menjadi starter tim Matador dari babak grup hingga laga final melawan Italia.

Del Bosque menegaskan keputusan untuk membawa Alba ke Olimpiade 2012 London sudah tepat. Pelatih 61 tahun itu menilai Alba masih dalam kondisi terbaik untuk bermain di London.

"Pastinya ini adalah peluang terakhir Alba bermain di Olimpiade. Dia sudah menjadi pemain penting di Euro 2012 dan akan bagus untuknya tampil bersama pemain-pemain muda di Olimpiade," papar Del Bosque seperti dilansir AS.

"Kami punya skuad yang bagus. Para pemain ini akan menjadi pemain masa depan tim senior, dan beberapa di antaranya sudah bermain untuk tim senior. Saya berharap mereka meraih sukses di London," sambungnya.

Di ajang Olimpiade nanti, Spanyol tergabung di grup D bersama Jepang, Honduras, dan Maroko. Spanyol akan mengawali turnamen dengan menantang Jepang pada 26 Juli mendatang. (nur/bas)

Skuad Sementara Spanyol :
Kiper : Joel (Atletico Madrid), Daivd de Gea (Manchester United), Diego Marino (Villarreal)
Bek: Mikel San Jose (Athletic Bilbao), Martin Montoya (Barcelona), Jordi Alba (Barcelona), Alvaro Dominguez (Monchengladbach), Cesar Azpilicueta (Olympique Marseille), Inigo Martinez (Real Sociedad), Alberto Botia (Sporting Gijon)
Gelandang: Ander Herrera (Athletic Bilbao), Javi Martinez (Athletic Bilbao), Koke (Atletico Madrid), Thiago Alcantara (Barcelona), Cristian Tello (Barcelona), Oriol Romeu (Chelsea), Juan Mata (Chelsea), Isco (Malaga)
Penyerang: Iker Muniain (Athletic Bilbao), Adrian Lopez (Atletico Madrid), Rodrigo Moreno (Benfica),Alvaro (Espanyol)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Suporter Berulah, AFC Beri Teguran Keras


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler