Tes Darah Memprediksi Alzheimer

Selasa, 21 Mei 2013 – 09:55 WIB
ILMUWAN Australia mengklaim mereka selangkah lebih dekat untuk mengembangkan tes darah yang dapat memprediksi Alzheimer sebelum gejala tersebut muncul.

Memang tidak ada obat yang dapat memperlambat perkembangan penyakit Alzheimer, tetapi dokter mengatakan menemukan pasien sebelum gejala penyakit tersebut muncul sangat penting.

Noel Faux dari Florey Institute for Neuroscience dan Kesehatan Mental mengatakan penumpukan racun protein amiloid beta adalah salah satu perubahan paling awal terkait dengan perkembangan penyakit Alzheimer.

"Tingkat beta amyloid menjadi abnormal sebelum gejala demensia ( gangguan memori ) muncul," kata Dr.Noel Faux, menurut laman The Indian Express, Senin (20/5).

"Hal ini dapat memberi kita waktu lebih lama untuk mencoba memperlambat perkembangan penyakit ini, jika kita mampu mendeteksinya lebih awal,"katanya lebih lanjut.

Pada tahun 2050, diperkirakan bahwa satu juta orang akan menderita penyakit Alzheimer."Jika kita dapat mengobati penyakit ini lebih awal,maka kita bisa menunda timbulnya penyakit ini selama bertahun-tahun," kata Faux.( fny/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Suguhan Menu Lokal, Minumnya Wine

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler