Tes Konsumsi BBM Honda CR-V RS Hybrid di Bali, Lumayan!

Senin, 16 Oktober 2023 – 21:54 WIB
Media test drive All new Honda CR-V hybrid di Bali, Senin (16/10). Foto: ridho

jpnn.com, BALI - PT. Honda Prospect Motor (HPM) untuk pertama kalinya menghadirkan mobil ramah lingkungan di segmen SUV melalui model All new Honda CR-V RS e:HEV.

CR-V generasi keenam tersebut diperkenalkan pada GIIAS 2023 Agustus lalu. Hingga saat ini pemesanan untuk SUV hybrid itu cukup baik.

BACA JUGA: Berbanderol Rp 800 Jutaan, All New Honda CR-V RS Hybrid Mengantongi 1.617 Pemesanan

JPNN mendapatkan kesempatan untuk merasakan performa berkendara, efisiensi bahan bakar, serta berbagai fitur canggih Honda CR-V RS e:HEV di Bali, pada tanggal 16-18 Oktober 2023.

"Acara ini bertujuan memberikan informasi lebih mendetail serta pengalaman pertama kalinya merasakan performa dari teknologi e:HEV Honda pertama di Indonesia. Melalui acara ini kami ingin menghadirkan pengalaman yang positif bagi rekan-rekan media mengenai performa mobil, efisiensi, kenyamanan, fitur-fitur canggih serta teknologi ramah lingkungan yang kami tawarkan," ujar Sales & Marketing and After Sales Director PT. HPM Yusak Billy, saat acara media test drive di Bali, Senin (16/10).

BACA JUGA: All New Honda CR-V Sudah Dipesan 840 Unit Sejak Sepekan Diluncurkan

Pada hari pertama, kami ditantang untuk menguji konsumsi bahan bakar CR-V hybrid.

Rute yang kami ambil dari Pantai Pandawa menuju Tlaga Singha, Gianyar kemudian dilanjutkan ke Bali Hai Cruise di daerah Tanjung Benoa.

BACA JUGA: Honda City Terbaru Meluncur, Simak Perubahannya

Total jarak yang kami tempuh sekitar 63 kilometer dengan didominasi jalur perkotaan padat, sub-urban (tanjakan dan turunan), dan sedikit jalan bebas hambatan saat melintasi Tol Bali Mandara.

All-new CR-V RS hybrid dibekali mesin 2.0-liter direct-injected 4-Cylinder Atkinson cycle, DOHC dipadu dengan Electric Continuously Variable Transmission (E-CVT).

Mesin bensin itu dikombinasikan bersama baterai lithium-ion dengan kapasitas 1,06 kWh.

Di atas kertas, CR-V e:HEV mampu menghasilkan tenaga maksimum 207 PS dan torsi maksimal 335 Nm.

Teknologi e:HEV merupakan sistem yang bekerja secara otomatis, di mana motor listrik dan mesin bensin dapat beroperasi secara independen.

Artinya, seberapa banyak bisa memanfaatkan kinerja EV, maka beban mesin bensin pun jadi makin berkurang, sehingga konsumsi bahan bakar bisa lebih efisien.

Hasil konsumsi bahan bakar dari mobil yang kami tumpangi bersama dua awak media lain mencatatkan 1 liter per 19,1 kilometer.

Kami rasa angka konsumsi tersebut sudah cukup baik untuk sebuah SUV hybrid.

Lebih banyak melewati kondisi jalan normal membuat sistem manajemen daya memanfaatkan motor listrik untuk menggerakkan mobil, ketimbang mesin bensin.

Selain itu, saat jalan turunan pengemudi juga bisa memaksimalkan pengisian daya baterai lewat Deceleration Paddle Selector yang berfungsi sebagai pedal deselerasi (perlambatan).

Dengan begitu pemanfaatan daya dari motor listrik bisa lebih panjang.

HPM menyediakan lima pilihan warna yaitu Platinum White Pearl, Crystal Black Pearl, Meteoroid Gray Metallic dan warna terbaru Canyon River Blue Metallic, serta Ignite Red Metallic (khusus tipe RS).

Honda CR-V RS e:HEV ditawarkan dengan harga sekitar Rp 800 jutaan. (rdo/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Honda Prologue, SUV Listrik Bakal Dijual Akhir Tahun Ini, Cek Harganya


Redaktur & Reporter : M. Rasyid Ridha

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler