Tesla Robovan, Bus Listrik yang Punya Tampilan Retro-Futuristik

Minggu, 13 Oktober 2024 – 10:53 WIB
Tesla kembali melakukan inovasi baru dengan memperkenalkan prototipe Robovan kepada publik di Los Angeles, Amerika Serikat, pada Kamis (10/10). Foto: ANTARA/Tesla.

jpnn.com, LOS ANGELES - Tesla kembali melakukan inovasi baru dengan memperkenalkan prototipe Robovan kepada publik di Los Angeles, Amerika Serikat, pada Kamis (10/10) malam waktu setempat.

CEO Tesla Elon Musk mengatakan Robovan itu merupakan kendaraan listrik otonom seukuran bus yang dirancang untuk mengangkut orang di daerah dengan kepadatan tinggi.

BACA JUGA: Tesla Memperkenalkan Prototipe Robotaxi Cybercab, Diklaim Hemat Biaya

Menurutnya, kendaraan ini mampu mengangkut hingga 20 orang sekaligus dan dapat digunakan membawa barang

“Kami akan membuat ini, dan akan terlihat seperti itu,” kata Musk pada Kamis malam ketika Robovan meluncur ke panggung utama dikutip dari TechCrunch, Kamis (10/10).

BACA JUGA: Ribuan Tesla Cybertruk Kena Recall Karena Masalah Kamera Belakang

Musk tidak menyebutkan berapa harga Robovan dan kapan mobil prototipe itu akan diproduksi.

Robovan memiliki tampilan retro-futuristik. Fitur eksteriornya adalah sisi-sisi logam berwarna perak dengan aksen hitam, serta strip cahaya di sepanjang sisinya, dengan pintu yang terbuka dari bagian tengah.

BACA JUGA: Tesla Cybertruck Hadir di Indonesia, Ini Spesifikasi dan Harganya

Di dalamnya terdapat tempat duduk dan ruang berdiri, dengan jendela berwarna gelap di seluruh bagian. Tidak ada kemudi karena kendaraan ini sepenuhnya otonom.

“Salah satu hal yang ingin kami lakukan dan kami sudah melakukannya dengan Cybertruck– adalah kami ingin mengubah tampilan jalanan,” kata Musk.

Robovan ini terlihat mirip dengan robotaxi lainnya, seperti yang dirancang oleh Zoox dan Cruise. Bedanya, van Tesla jauh lebih besar.

Di China, WeRide telah membuat Robobus serupa.

Selain Robovan, pada acara tersebut Musk juga meluncurkan prototipe robotaxi yang dinamai Cybercab.

Tesla bertujuan memproduksi 20 juta kendaraan per pada 2030. Untuk mencapai itu, Tesla harus meningkatkan produksi dan penjualan sekitar 15 kali lipat dari 2022.

Selama acara pada Kamis malam, Musk tidak menjelaskan rencana untuk membangun fasilitas produksi baru atau mengubah fasilitas yang ada untuk menampung Cybercab atau Robovan.

Dia juga tidak memberikan banyak informasi tentang jadwal peluncuran Robovan, meskipun dia memperkirakan Cybercab akan mulai diproduksi pada 2026 atau 2027. (Antara/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Tesla Model Y Kini Mampu Menjelajah Sejauh 515 Km


Redaktur & Reporter : Dedi Sofian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler