Test Drive Mazda3 Terbaru : Kental Aura Sport

Minggu, 14 Juli 2019 – 19:50 WIB
Test Drive Mazda3 di Bogor. Foto: Dedi Sofian/JPNN.com

jpnn.com, BOGOR - Sebelum melakukan debut resmi pada di  GIIAS 2019, PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) memberikan kesempatan kepada awak media nasional untuk merasakan sensasi berkendaran Mazda3 terbaru yang hadir dalam dua model yaitu sedan dan hatchback.

Dalam kesempatan tersebut, tim jpnn.com mendapatkan kesempatan menggeber Mazda3 2019 dengan rute Jakarta-Bogor-Jakarta. Perjalanan dilakukan di kawasan Cipete, Jakarta Selatan.

BACA JUGA: Berikut Perbedaan Mazda3 Hatchback dan Sedan

Kesan pertama melihat Mazda3 terbaru sangat kental nuansa sporty dari desain lampu dan gril depan, terutama pada model hatchback yang dapat sentuhan gelap di sekitar lampu utama.

Sementara pada model sedan, kesan dinamis terlihat dari lekukan garis bodi samping yang menjulur ke belakang. Model itu tentunya cocok untuk kalangan eksekutif muda yang mempunyai acara penting ketimbang model hatchback.

BACA JUGA: Mazda3 Terbaru Sudah Bisa Dipesan Cukup Rp 5 Juta

Sales, Marketing & PR Director, PT Eurokars Motor Indonesia, Ricky Thio mengatakan, sebagai model pertama yang mengadopsi evolusi terbaru desain Kodo, Mazda3 terbaru tetap menampilkan desain 'single motion' yang sederhana dalam tampilan keseluruhan, menunjukkan bagaimana cahaya dan bayangan yang berefleksi di atas badannya menghasilkan ekspresi dramatis.

"Tujuan lain dari desain Mazda3 2019 ialah memberikan model hatchback sentuhan desain yang lebih emosional, sementara pada model sedan bertujuan untuk menghasilkan proporsi yang lebih elegan. Meski saling berbagi nama sebagai Mazda3, namun kedua model menawarkan kepribadian yang berbeda," kata Ricky di Jakarta Selatan.

BACA JUGA: Mazda Belum Niat Aplikasikan Mesin Turbo di Indonesia

Setelah dipaparkan sedikit tentang mobil tersebut, pihak EMI pun langsung memberikan kunci untuk menguji langsung kendaraan. Dari dua model itu, kami memutuskan menggunakan model hatchback pertama kali.

Perjalanan dimulai menuju Ancol, Jakarta Utara dengan jalur non tol. Di samping menguji kelincahan, kami pun ingin merasakan fitur terbaru yakni Mazda Radar Cruise Control (MRCC). Fitur ini dapat berkerja sangat baik karena bisa menjaga jarak aman dari kendaraan di depan.

Kemudian, kesenyapan kabin pada Mazda3 kami rasa cukup baik. Pasalnya, ini hasil rancangan dengan filosofi human-centric milik Mazda untuk memberikan pengemudi dan penumpang lebih nyaman.

Sementara itu, pada model hatchback kelapangan baris kedua tentu  tentu jauh masih kalah dibandingkan model sedan. Terutama saat teman media lain dengan tinggi badan 180 cm merasa kesulitan.

"Baris kedua sempit banget. Kaki aja nempel di jok depan tidak ada ruang untuk bergerak buat kaki. Kemudian head room, jarak antara pala dan plafon juga sedikit banget," keluhnya.

Perfoma mesin dan handling

Setelah sampai di Ancol, kami pun langsung bertolak ke Bogor dengan menggunakan jalur via tol sembari menguji perfoma mesin Mazda3 terbaru.

Mengandalkan mesin bensin SKYACTIV-G 2.0-liter yang menawarkan tenaga 153 hp dan torsi 200 Nm. mesin diaplikasikan dengan penggunaan transmisi otomatis enam percepatan.

Karakternya sudah terasa sejak awal pedal gas diinjak. Tenaga mengisi sejak putaran awal ditambah dengan kehadiran paddle shift membuat mobil tersebut lebih menyenangkan untuk diajak berkendara agresif.

Sesekali jalan kosong kami menggeber hatchback ini hampir menyentuh diangka 120 kpj. Cukup diacungi jempol karena kami tidak merasakan limbung.

Tak hanya itu, Mazda juga menyediakan mode sport yang dapat diaktifkan melalui tombol di samping tuas transmisi. Mode ini membuat perpindahan antar gigi lebih rapat untuk merasakan tenaga yang lebih cepat.

Kemudian, sistem suspensinya menggunakan MacPherson strut with coil spring dan bagian belakang menggunakan rack and pinion columm. Meskipun tidak terlalu empuk namun mobil yang kami tumpangi masih tetap untuk diajak meliuk-liuk di kecepatan tinggi.

Dengan kenyamanan yang ditawarkan, sayangnya PT EMI belum mau menyebutkan berapa harga Mazda3 terbaru itu dilepas di pasaran.

Model Mazda3 sebelumnya sudah menyentuh angka Rp 400 jutaan, dengan pembaruan ini bisa jadi harga akan menyentuh Rp 500 jutaan. Kita tunggu saja debut resminya pada 18 Juli 2019 di ICE, BSD, Tangerang Selatan. (mg9/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... EMI Pastikan Mazda 3 Terbaru di Indonesia Aman dari Kampanye Recall


Redaktur & Reporter : Dedi Sofian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler