Mobil

Test Drive Suzuki Ertiga 2018 di Bali: Uji Performa (Bag.1)

Rabu, 04 Juli 2018 – 22:07 WIB
Media test drive Suzuki Ertiga 2018 di Bali. (Foto: ridha/jpnn)

jpnn.com, BALI - Bali memang selalu membuat kami rindu. Budaya, tradisi dan keindahan alamnya selalu menyimpan kenangan yang sangat kuat.

Hingga kesempatan membahagiakan itu datang dalam kegiatan media test drive All-new Suzuki Ertiga di tanah Dewata beberapa waktu lalu.

BACA JUGA: Suzuki Ertiga Mulai Geser Xenia dan Mobilio

Perjalanan pertama kami diatur menuju Pantai Pandawa, yakni ujung Selatan Kuta. Diketahui menawarkan perjalanan cukup menantang dan beragam, jpnn.com pun langsung mengatur hari pertama sebagai pengujian performa.

Mengambil posisi pengemudi terlebih dahulu dengan tiga kawan jurnalis yang lain. Klaim kebaruan mesin berkode K15B begitu membakar nafsu kami saat menaiki All-new Ertiga tipe GX bertransmisi jenis CVT.

BACA JUGA: 3 Faktor Kekuatan Suzuki Ertiga 2018 Bersaing dengan Xpander

Kendati dikemas dalam acara adu irit, tidak lantas membatasi kami mengeksplorasi Low Multi Purpose Vehicle LMPV) Suzuki terbaru itu. Masuk pertama ke area kokpit, ambiance Ertiga 2018 cukup baik memberikan kesan yang berbeda.


Media test drive Suzuki Ertiga 2018 di Bali. (Foto: Ist/jpnn)

BACA JUGA: Suzuki Ertiga Merasakan Manis dari Pertumbuhan LMPV Nasional

Desain kemudi yang unik bergaya sporty ditambah aksen kayu dan sebagian dibungkus kulit lembut jelas cukup menggoda.

Posisi setir bisa diatur ketinggiannya memberikan kombinasi pengendaraan yang apik dengan kenyamanan posisi duduk di jok nan empuk. Jika sudah begini, kesan sebagai low MPV serasa hilang.

Mesin dihidupkan, raungan dan getaran hampir tak terasa karena tersalurkan secara baik. Sebelum masuk Bali Mandara Toll Road, kami harus melewati kepadatan lalu lintas Kuta.

Ertiga 2018 dengan lembut mengantarkan kami berakselerasi dari titik pertama Hotel di kawasan pusat Kuta.

Karakter khusus CVT sebagai girboks berbasis puli dan sabuk baja ini, bekerja mengalirkan tenaga tanpa adanya perpindahan gigi langkah demi langkah. Sehingga, akselerasi yang halus masih terbaik dimiliki jenis CVT.

Apalagi ketika masuk ke jalan bebas hambatan, performa mesin K series Ertiga terbaru ini begitu apik menyesuaikan pijakan kaki di pedal gas, hampir tidak ada yang kosong.

Hingga tak terasa hampir sampai di titik persinggahan, jalan berliku dan menanjak menghadang perjalanan. Untungnya, cukup memindahkan posisi tuas transmisi dari 'D' ke posisi '2' dan mobil sama sekali tidak terlihat kecapaian. Apalagi saat turunan, kerja engine brake yang baik cukup meringankan beban pengereman.

Kurang lebih 44 menit perjalanan yang kami tempuh, minuman yang ada di konsol tengah dengan fitur ventilated cup holders terjada dinginnya. Menyegarkan kami kembali sambil mengakhiri perjalanan di antara keindahan deretan tebing batu yang terpahat rapi, seperti lorong terbuka menuju ujung pantai biru nan indah. (mg8/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Puluhan Bengkel Siaga Suzuki Kawal Pemudik Ertiga 2018


Redaktur & Reporter : Rasyid Ridha

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler