Test Ride Kawasaki KLX 230: Nyaman di Jalur Aspal

Selasa, 02 Juli 2019 – 07:53 WIB
Test Ride Kawasaki KLX 230. Foto: Ist

jpnn.com, SERPONG - Setelah diluncurkan beberapa waktu, PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) langsung mengajak awak media nasional untuk merasakan langsung ketangguhan produk terbarunya, Kawasaki KLX 230.

Kawasaki KLX 230 merupakan motor dual-purpose yang sanggup melibas dua lintasan baik on-road maupun off-road. Tim jpnn.com pun mendapatkan kesempatan untuk menggeber motor yang dilepas mulai dari Rp 42,5 juta.

BACA JUGA: Baru Dirilis Mei, Kawasaki KLX230 Sudah Terpesan 1.500 Unit

Secara desain Kawasaki KLX 230 lebih styling dan gagah ala motocross. Bentuknya pun ramping untuk memudahkan pengendalian motor saat digeber dan mudah saat bermanuver.
Bentuk tangki dibuat sejajar dengan jok sehingga bikers lebih leluasa untuk menentukan kenyamanan berkendara. Kemudian Spidometernya sudah digital dengan informasi yang cukup lengkap.

BACA JUGA: Perbedaan Kawasaki KLX230 di Indonesia dan Amerika Serikat

BACA JUGA: Kawasaki Pede Pasang Target Penjualan KLX230 10 Ribu Unit Setahun

Tampilannya juga cukup apik, tapi sayangnya batok lampunya terlalu besar jika dibandingkan dengan model KLX lainnya.

Handling dan performa mesin

BACA JUGA: Kawasaki KLX230 Bersiap Melancong ke Benua Amerika

Setelah mengulas desainnya, kami pun langsung menunggangi KLX 230. Dengan memiliki ground clearance 265 mm membuat kami yang memiliki postur tubuh 178 cm membuat kaki jinjit saat motor berenti.

Setangnya lebar dan tinggi, dengan posisi pijakan kaki yang lebih maju dari posisi duduk. Hal itu membuat posisi tangan dan kali menjadi lebih rileks, untuk dibuat harian.
Saat digunakan di jalanan aspal, motor ini mampu meredam guncangan saat lubang. Maklum saja KLX 230 sudah dilengkapi dengan suspensi depan Telescopic Fork dan bagian belakang swingarm sehingga kedua suspensi lebih terasa empuk.

Kemudian sasis perimeter frame yang dirancang khusus untuk motor ini, terasa lebih jinak ketika diajak meliuk-liuk membelah kemacetan.

Kawasaki KLX230 dibekali mesin berkapasitas 233 cc 1 silinder SOHC 2 katup berpendingin udara dengan transmisi 6 percepatan. Mesin tersebut menawarkan tenaga 18,7 Hp dan torsi 19,8 Nm.

Mesin tersebut cukup diancungi jempol karena mempunyai tenaga dan torsi yang kuat di putaran bawah hingga menegah. Bahkan sesekali kami menggeber di trek lurus hingga menyentuh diangka 105 km/jam.

Bisa dibilang tenaga yang dihasilkan bisa melebihi angka tersebut. Namun, melihat kondisi jalan yang tidak memungkinkan membuat kami harus menurunkan gas.

Selain itu, kami pun merasakan sedikit goyang ketika kami melibas marka jalan dengan kecepatan tinggi.

Namun sayangnya kami tidak menguji ketangguhan KLX 230 di trek off-road lantaran PT KMI tidak menyediakan perangkat ridding gear untuk sistem keselamatan pengendara. Sehingga kami memutuskan untuk menguji di jalur on-road.(mg9/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kawasaki Merilis Motor Dual Purpose KLX 230 Cc, Harga Mulai Rp 40 Jutaan


Redaktur & Reporter : Dedi Sofian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler