Tetap Bangga Walau Mallarangeng Bersaudara Dibidik KPK

Jumat, 07 Desember 2012 – 19:19 WIB
Andi Zulkarnaen Mallarangeng alias Choel (kiri) bersama Rizal Mallarangeng (memegang mic) dalam jumpa pers di Wisma Proklamasi, Jakarta Pusat, Jumat (7/12). Foto: Arundono W/JPNN
JAKARTA - Rizal Mallarangeng yakin kedua saudaranya, Andi Alfian Mallarangeng dan Andi Zulkarnaen Mallarangeng tidak terkait kasus korupsi proyek sport center Hambalang. Rizal yang akrab disapa dengan nama Celi itu justru heran Andi Mallarangeng sudah ditetapkan sebagai tersangka.

"Kakak saya adalah sedikit orang yang hidupnya tak neko-neko. Karena orangnya menyenangkan, kata orang tampangnya boleh juga. Saya tidak berkata dia tidak punya cacat, tapi tidak ada manusia yang sempurna," kata Rizal dalam jumpa pers di Wisma Proklamasi, Jakarta Pusat, Jumat (7/12).

Rizal tidak mau berprasangka buruk bahwa kedua saudaranya menjadi korban skenario politik. Menurutnya, musibah ini telah menjadi risiko atas pengabdian keduanya kepada negara.

Seperti kedua saudaranya, Rizal mengaku lega proses hukum kasus Hambalang berjalan lancar. Ia yakin bahwa proses hukum akan memastikan bahwa kedua saudaranya itu bersih untuk selamanya.

"Kalau dinyatakan salah pasti akan menerima. Kita akan patuh dengan hukum. Tapi kan ada asas praduga tak bersalah. Boleh saja kan teman-teman yang ada berteori, tetapi harus diberi kesempatan untuk membuktikan diri," papar pria berkumis itu.

Rizal menjamin kedua saudaranya akan patuh pada proses hukum. Namun menurutnya, Andi dan Choel bersih dari kasus yang menyita perhatian publik itu.

"Kita belum buktikan apa alat buktinya, apa ini prosesnya kan panjang, kita siap untuk longmarch. Kemudian kita lihat di pengadilan, karena kakak saya tidak bersalah," ujar Rizal.

Pria berkumis itu malah mengaku bangga dengan keputusan kakaknya untuk mundur dari jabatan Menpora. Menurutnya, hal itu menunjukan bahwa Andi tidak mau masalah pribadinya menggangu roda pemerintahan. "Ini pertama kali di republik, sejarah pertama kalinya menteri aktif mundur dari jabatannya," pungkas Rizal. (dil/jpnn)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Kursi Menpora Tetap Jatah Demokrat

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler