Tetris Bisa Bantu Jaga Konsisten Diet

Rabu, 12 Maret 2014 – 14:58 WIB

jpnn.com - DIET akan gagal jika orang yang melakukannya tidak tahan godaan. Hanya dengan membayangkan atau melihat makanan kesukaannya saja, diet seseorang bisa berantakan karena ia akan berupaya sekuat tenaga untuk mendapatkannya.

Namun seorang psikolog menemukan cara mudah untuk menekan keinginan ini. Profesor psikologi dari Plymouth University, Inggris, Jackie Andrade, mengungkapkan, masyarakat akan cenderung ketagihan pada makanan, rokok, atau obyek apapun karena memvisualisasikan atau melihatnya.

BACA JUGA: Faktor Gen Tentukan Pola Tidur

"Sehingga melakukan tugas visual adalah cara terbaik untuk menekan keinginan tersebut. Sebaliknya kegiatan seperti mendengar atau bicara tidak begitu efektif," kata profesor psikologi dari Plymouth University, Inggris, Jackie Andrade, seperti dilansir laman NBC News, Jumat (21/2).

Andrade dan timnya merasa permainan tetris adalah kombinasi sempurna untuk stimulasi visual dan tantangan. Permainan ini juga menyenangkan, sehingga partisipan tidak akan keberatan jika tetap memainkan tetris sampai ke luar lab.

BACA JUGA: Bayi Sudah Bisa Menipu

"Sebenarnya tidak harus permainan seperti tetris, tapi apapun yang bersifat visual. Dan tidak perlu permainan yang membuat mental pemainnya tersiksa," kata Andrade, seperti dilansir laman NBC News, Selasa (11/3).

Andrade mengujicobakannya pada beberapa partisipan di lab. Awalnya mereka ditanya hal apakah yang biasanya membuat mereka merasakan craving atau ketagihan dan seberapa buruk kondisi ketagihan yang dialami partisipan jika mereka mengalaminya.

BACA JUGA: Menikah Muda Bikin Tulang Pria Sehat

Kemudian tiap partisipan diminta duduk di depan sebuah komputer, yang satu menghadap ke layar kosong yang menjanjikan partisipan jika mereka akan dibukakan permainan Tetris.

Sedangkan pada partisipan lain di layar komputer mereka sudah langsung tersedia permainan tetris dan mereka tinggal memainkannya.

Di akhir percobaan, partisipan yang tak perlu menunggu untuk bisa bermain tetris dilaporkan mengalami penurunan craving hingga 24 persen lebih banyak daripada yang hanya diminta menatap ke layar.

"Namun kami ingin mengetesnya langsung. Kami juga ingin membuat sesuatu yang sesimpel mungkin tapi bisa menghentikan ketagihan," pungkas Andrade. (fny/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pijat Ideal Mulai Hamil Lima Bulan


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler