Thailand v Malaysia: Tak Merasa Tertekan

Sabtu, 04 Desember 2010 – 04:10 WIB
BEBAN - Pemain Thailand saat melawan Laos di laga awal Piala AFF 2010, di Stadion Utama Gelora Bung Karno. Foto: Hendra Eka/Jawa Pos.
JAKARTA - Thailand dan Malaysia memetik hasil mengecewakan di pertandingan pertamaThailand, yang disebut-sebut sebagai tim terbaik Asia Tenggara saat ini, secara mengejutkan ditahan seri 2-2 oleh tim yang lolos dari babak kualifikasi, Laos, dalam pertandingan Piala AFF (Federasi Sepak Bola Asia Tenggara) grup A di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, pada 1 Desember lalu.

Sedangkan Malaysia lebih mengenaskan lagi

BACA JUGA: Laos v Indonesia: Misi Ganda

Tim yang mayoritas pemainnya adalah bagian skuad emas SEA Games 2009 itu, dihajar tuan rumah Indonesia dengan skor mencolok 1-5
Sore ini (4/12), dua tim terluka itu akan bentrok di SUGBK

BACA JUGA: Schwarzer Milik Fulham Sampai 2012

Duel ini begitu krusial bagi Thiland juga Malaysia
Jika sampai seri atau bahkan kalah, maka peluang Thailand tereliminasi sangat besar.

Itu dikarenakan dalam partai terakhir Selasa lusa, Thailand harus menghadapi tuan rumah Indonesia (7/12)

BACA JUGA: PSM Ditawari Dua Pemain Timnas Malaysia

Itu juga akan merusak reputasi tim Gajah Putih sebagai juara Piala AFF tiga kaliBagi Malaysia, kalah berarti tereliminasiKarena itu kemenangan menjadi harga mati bagi kedua tim.

Pelatih Thailand Bryan Robson optimistis tim besutannya akan bangkit dan meraih hasil positif melawan MalaysiaAlasannya, Thailand akan tampil dengan kekuatan terbaik.

Saat melawan Laos, Robson mengaku terpaksa tidak bisa memainkan sejumlah pemain intinya yang kelelahan karena baru saja tampil membela klubnya di final Piala Liga Thailand dan semifinal kualifikasi AFC (Federasi Sepak Bola Asia) Cup.

"Melawan Laos, saya terpaksa tidak memainkan sejumlah pemain intiSaya berbicara langsung kepada mereka dan mereka tampak tidak siapTapi untuk pertandingan besok (hari ini, Red) semuanya 100 persen fit," tegas Robson dalam konferensi pers di Hotel Sultan, Jakarta, kemarin sore (3/12).

Meski meraih hasil seri di laga pertama, mantan gelandang Manchester United ini mengungkapkan jika timnya sama sekali tidak merasa tertekan"Pemain kami terlihat lebih fresh pada latihan tadiMelawan Malaysia saya akan melakukan sampai tujuh perubahan pemainMudah-mudahan bisa meraih hasil bagus hingga memastikan satu kaki kami berada di semifinal," lanjutnya.

Robson mengungkapkan jika lini depan Malaysia akan menjadi perhatian timnya"Duet lini depan mereka harus kami waspadaiTerutama pemain bernomor punggung 9 (Norshahrul Idlan Talaha) dan 10 (Mohd Safee Mohd Sali)," bebernya.

Spirit yang sama digelorakan MalaysiaPelatih Khrisnasamy Rajagopal mengatakan timnya akan bangkit di laga keduaMenurut Rajagopal, dirinya sudah melakukan evaluasi total setelah digulung Indonesia"Melawan Thailand, kami akan buat beberapa perubahan di lini belakang dan tengah," kata Rajagopal.

Pelatih yang rambutnya dipenuhi uban ini mengakui, jika mengalahkan Thailand untuk membuka peluang lolos ke semifinal adalah pekerjaan sulitApalagi, dia mengaku mendapat informasi jika Thailand akan tampil dengan formasi terbaik.

"Tapi, kami yakin bisa melakukannyaMelawan Indonesia sebetulnya tim sudah tampil bagusHanya, pemain terlalu sering melakukan kesalahan individu, yang akhirnya bisa dimaksimalkan pemain-pemain Indonesia untuk mencetak banyak gol ke gawang kami," bebernya.

Rajagobal mengungkapkan, seharusnya timnya tidak kalah besar dari Indonesia, jika mampu meminimalisir kesalahanHal itu akan diperbaiki saat melawan Thailand"Saya harus memberi motivasi kepada pemainMemperbaiki mental dan meminimalisir kesalahanSemua gol yang dicetak Indonesia kemarin berawal dari kesalahan pemain kami," tambahnya(ali/diq)

Perkiraan Pemain

Thailand (4-4-2): 18-Sinthaweechai (pg), 2-Suree Sukha, 4-Chonlatit Jantakam, 5-Suttinun Phukhom, 10-Terasil Dangda, 9-Sarayoot Chaikamdee, 11-Rangsan Vivatchaichok, 7-Datsakon Thonglao, 14-Teeratep Winothai, 17-Sutee Suksomkit, 21-Theerathon Bunmathan
Pelatih: Bryan Robson

Malaysia (4-4-2): 28-Sharbinee (pg), 4-Asraruddin Putra Bin Omar, 6-Razman Bin Roslan, 8-Safiq Bin Rahim, 9-Norshahrul, 10-Safee Bin Mohd Sali, 16-Subramaniam, 17-Amri Bin Yahyah, 21-Amirul, 24-Muslim, 27-Fadhli Bin Mohd Shas
Pelatih: K Rajagopal

BACA ARTIKEL LAINNYA... Juve Gagal Melaju karena Salju


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler