The Artist dan Streep Berpeluang Besar

Jelang Oscar Hari Ini

Senin, 27 Februari 2012 – 09:10 WIB

LOS ANGELES - Acara penganugerahan paling prestisius untuk insan perfilman dunia, Academy Awards 2012, bakal berlangsung di Hollywood & Highland Center (dulu Kodak Theater, Red) Minggu (26/2) malam waktu setempat atau pagi ini waktu Indonesia bagian barat. Momen yang ditunggu tentu saja adalah pengumuman pemenang tiga kategori paling bergengsi. Yakni, Best Picture, Best Actor, dan Best Actress.

The Artist sepertinya menjadi kandidat kuat peraih Best Picture untuk tahun ini. Faktor prestasi dan pujian dari para kritikus menjadi modal kuat film bisu asal Prancis itu untuk membawa pulang Piala Oscar tahun ini. Untuk urusan trofi, The Artist telah meraih penghargaan terbanyak di Golden Globe Awards 2012 (tiga piala) dan BAFTA 2012 (tujuh piala).

Beberapa pihak malah berani memastikan bahwa The Artist bakal memenangkan kategori Best Picture. Mereka adalah aktris asal Inggris, Joan Collins, dan bintang Contraband, Mark Wahlberg. Dua orang itu punya sumber tepercaya yang menyebutkan bahwa film arahan Michel Hazanavicius tersebut bakal juara.

Joan Collins, 78, merupakan salah seorang voter Oscar 2012 yang juga anggota The Academy of Motion Picture Arts and Sciences (AMPAS). "Aku salah seorang pemberi suara di Oscar. Jadi, tidak boleh membocorkannya. Tapi, menurutku (pemenang Best Picture, Red) The Artist," ujarnya kepada Entertainment Tonight.

Sementara itu, Wahlberg secara terbuka telah mengantongi bocoran dari temannya bahwa The Artist bakal menang Best Picture. Rekan aktor berusia 40 tahun itu punya informasi tepercaya dari penyelenggara Oscar.          

"Tidak penting aku menjagokan siapa yang akan menjadi pemenang. Sebab, aku sudah tahu siapa yang akan membawa pulang award itu (Best Picture, Red). Informasi ini datang dari temanku di Pricewaterhouse," ujar Wahlberg seperti dikutip Huffington Post. Pricewaterhouse adalah perusahaan yang mengurus sistem perbalotan Oscar 2012.

George Clooney dan Meryl Streep disebut banyak pihak bakal memenangkan Best Actor dan Best Actress. Film peraih Best Drama di Golden Globe Awards 2012, The Descendant, jadi "pendukung" terkuat Clooney. Akting pria berusia 50 tahun itu di The Descendant mendapat apresiasi tinggi dari para kritikus dan fans.

Di Golden Globe tahun ini Clooney juga meraih predikat Best Actor untuk kategori drama. "Clooney sedang dalam penampilan terbaiknya di film itu (The Descendant, Red). Hampir seluruh penonton menyanjungnya bahwa itu akting terbaik sepanjang karir Clooney," ujar Tom O"Neil dari situs awards TheEnvelope.com seperti dikutip Reuters. Kali terakhir Clooney mendapat Piala Oscar pada 2005 untuk film Syriana dengan kategori aktor pendukung terbaik.

Sementara itu, The Iron Lady akan menjadi bekal terbaik Streep memenangkan Best Actress untuk tahun ini. Lewat perannya sebagai Margaret Thatcher di film tersebut, Streep telah meraih delapan trofi dari berbagai ajang penghargaan.

Alasan menarik lainnya adalah para voter yang mayoritas kulit putih. Menurut laporan The Los Angeles Times, 94 persen atau 5.765 voter dari Academy of Motion Picture Arts and Sciences berkulit putih. Sebanyak 77 persen di antaranya laki-laki. Para penyumbang suara berkulit hitam dan hispanik masing-masing hanya 2 persen. Dengan fakta itu, banyak pihak yang menyebut peluang Viola Davis (The Help) yang menjadi saingan terberat Streep sangatlah kecil. (kkn/c6/any)

Oscar Trivia
 
Meryl Streep
Nominasi untuk aktris terbaik lewat film The Iron Lady pada Oscar tahun ini merupakan nominasi ke-17 bagi Meryl Streep. Dia masuk daftar kandidat penerima Oscar sejak 1978 lewat perannya di film The Deer Hunter. Tapi, dia baru sukses membawa pulang dua piala. "Setiap tahun saya datang dan duduk di acara ini (Academy Award). Saya punya 14 pidato kemenangan yang batal saya berikan. Padahal, seluruhnya bagus. Mungkin suatu hari nanti saya akan menjadikannya buku."
 
Billy Crystal
Bagi Billy Crystal, ini merupakan kali kesembilan dirinya ditunjuk sebagai host acara Oscar. Meski begitu, rekor sebagai pembawa acara di ajang supremasi tertinggi bagi pelakon di dunia film itu masih dipegang Bob Hope. Dia menjadi MC 18 kali. "Saya menjadi pembawa acara Oscar hanya agar cewek petugas di apotek tidak perlu menanyakan nama saya saat saya menebus resep," kata Crystal tentang kesediannya berkali-kali ditunjuk sebagai host.
 
The Artist 
Jika menang sebagai film terbaik, The Artist akan menjadi film hitam putih pertama yang menang setelah The Schindler?s List pada 1993 serta film bisu pertama setelah Wings pada 1927. Sedangkan untuk aktor dan aktris terbaik, tidak banyak yang bisa membawa pulang Oscar. Dalam 83 tahun sejarah Oscar, hanya Jane Wyman (Johnny Belinda, 1948), John Mills (Ryan?s Daughter, 1970) dan Holly Hunter (The Piano, 1993) yang bisa membawa pulang piala emas tersebut tanpa mengucapkan dialog sama sekali. (c10/any)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Bingung karena Tokoh Presiden


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler