The Raid, 5cm, dan Habibie & Ainun

Film Indonesia Terlaris 2012

Jumat, 28 Desember 2012 – 07:51 WIB
JAKARTA – Akhir tahun menjadi momen manis bagi pekerja film Indonesia. Beberapa film yang dirilis seperti 5cm serta Ainun & Habibie sukses menarik perhatian lebih dari sejuta penonton.

Mereka langsung mengejar posisi The Raid yang lebih dulu tayang. Total ada tiga film yang penikmatnya tembus angka sejuta. Sepanjang tahun ini, sekitar 90 film Indonesia diproduksi dalam beragam genre.

Sebelumnya, mulai Januari hingga awal Desember, hanya film The Raid yang berhasil menarik minat 1,8 juta penonton. The Raid dirilis pada 23 Maret tahun ini. Film yang dibintangi Iko Uwais, Yayan Ruhiyan, dan Joe Taslim tersebut memang menjadi fenomena di Indonesia.

Mendapat penghargaan di mancanegara. Tapi, di negeri sendiri, film tersebut dikategorikan film luar (negeri) karena melibatkan sutradara asing. The Raid bahkan tidak masuk seleksi Festival Film Indonesia.

Meski begitu, Ario Sagantoro selaku produser tetap bersemangat untuk terus berkarya. Bahkan, mereka akan memproduksi sekuel The Raid berjudul Berandal. ’’Meski tidak dianggap sebagai film Indonesia, kami sih tetap senang atas pencapaian The Raid. Film ini bisa meraih penonton sampai lebih dari sejuta. Padahal, sekarang ini lagi masanya lesu penonton,’’ ucapnya.

Berdasar data yang dirilis situs www.filmindonesia.or.id kemarin (27/12), The Raid berada di peringkat pertama 10 film terlaris 2012. Di bawah The Raid, ada film garapan Rizal Mantovani yang diangkat dari novel berjudul sama, yakni 5cm.

Film yang dibintangi Fedi Nuril, Herjunot Ali, Denny Sumargo, Igor Saykoji, Pevita Pearce, dan Raline Shah tersebut mendapat apresiasi positif dari masyarakat. Dirilis pada tanggal cantik, 12-12-12, film cerita lima sahabat itu langsung melejit. Sampai kemarin, tercatat penonton sudah menembus angka 1,4 juta.

Habibie & Ainun yang dirilis pada 20 Desember 2012 berada di urutan ketiga. Hanung Bramantyo selaku salah seorang produser film tersebut mengumumkan lewat akun Twitter-nya. Per 27 Desember, penonton film yang dibintangi Reza Rahadian dan Bunga Citra Lestari itu mencapai 1.073.000 orang dalam seminggu.

Pencapaian tersebut turut membuat Manoj Punjabi, bos MD Entertainment selaku produser utama, bangga. ’’Habibie & Ainun telah memecahkan rekor perfilman Indonesia. Terima kasih atas dukungannya,’’ tulisnya bangga.

Dari tiga film tersebut, tidak bisa disimpulkan bahwa film action dan drama disukai penonton. Sebab, ada banyak film drama lain yang diproduksi tahun ini, tapi tetap saja kurang berhasil menarik penonton untuk datang ke bioskop.

Sebut saja film Perahu Kertas dan Perahu Kertas 2 yang hanya berhasil meraih ratusan ribu penonton. Banyak pula film drama yang hanya ditonton puluhan ribu orang. Contohnya, Bidadari-Bidadari Surga (70.654) dan Pasukan Kapiten (12.763).

Fenomena itu sedikit banyak memberikan rasa khawatir bagi para pelaku industri film. Terutama para pemain.

’’Memang, sekarang penonton Indonesia sedang lesu ya. Terpikir juga, film yang kami bintangi ini ditonton banyak orang nggak ya? Cuma, kembali lagi sebagai pemain, kami bertanggung jawab untuk memberikan kemampuan terbaik. Mau ditonton banyak orang atau tidak, itu terserah,’’’ ungkap Joe Taslim, pemain The Raid yang kini membintangi film Hollywood Fast 6. (jan/any)

10 Film Terlaris 2012
1. The Raid : 1.844.817
2. 5cm : 1.401.064
3. Habibie & Ainun : 1.073.000
4. Negeri 5 Menara : 765.425
5. Perahu Kertas : 588.615
6. Soegija : 459.465
7. Nenek Gayung : 434.732
8. Rumah Kentang : 401.067
9. Perahu kertas 2 : 387.473
10. Rumah Bekas Kuburan : 279.144

Catatan: Jumlah diperoleh per 27 Desember. Bisa jadi berubah karena 5cm dan Habibie & Ainun masih diputar di beberapa bioskop.
BACA ARTIKEL LAINNYA... Anak Pertama Astrid Lahir Caesar

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler