The Reds Krisis Striker

Sabtu, 13 Oktober 2012 – 16:53 WIB
LIVERPOOL - Brendan Rodgers harap-harap cemas menanti selesainya jeda internasional. Manajer Liverpool itu berharap Luis Suarez kembali ke Anfield, markas Liverpool, dalam kondisi fit sepulang dari membela timnas Uruguay di kualifikasi Piala Dunia 2014.
   
Ya, sekarang Suarez sedang membela negaranya melawan Argentina (13/10) dan Bolivia (17/10). Bukan hanya karena Suarez merupakan striker andalan Liverpool, lebih dari itu, dia saat ini menjadi satu-satunya striker The Reds, julukan Liverpool, yang fit.

Cederanya Fabio Borini pada sesi latihan ketika membela timnas Italia U-21 membuat opsi striker Liverpool menipis. Borini yang didatangkan dari AS Roma pada bursa transfer awal musim ini tersebut mengeluh sakit di kaki kanannya.

Setelah menjalani pemeriksaan sinar X, diketahui bahwa tulang skafoid di kaki kanannya patah. Dampaknya, striker berusia 21 tahun tersebut diperkirakan harus menepi dari lapangan hijau selama empat hingga enam pekan.

Artinya, Borini baru bisa kembali paling cepat pertengahan November nanti. Dengan begitu, dia berpotensi absen dalam tujuh pertandingan di semua ajang. Padahal, ada beberapa pertandingan penting yang harus dilakoni Liverpool.

Di Europa League, Liverpool harus berhadapan dengan klub kaya Rusia Anzhi Makhachkala pada 25 Oktober dan 8 November. Di Premier League, mereka melakoni derby Merseyside (28/10), melawan Newcastle United (4/11), dan Chelsea (11/11).

Tanpa Borini, Rodgers tidak memiliki opsi lagi sebagai striker selain Suarez. Sebab, pada bursa transfer awal musim ini, Rodgers telah melepas sejumlah strikernya, seperti Craig Bellamy, Nathan Eccleston, Dirk Kuyt, dan Andy Carroll.

Dengan skema 4-3-3 yang biasa diterapkan Rodgers, biasanya penyerang sayap bisa dihuni Raheem Sterling atau Suso. Terkadang Samed Yesil atau Dani Pachecho dimainkan. Tetapi, selama ini, Borini dan Suarez menjadi pemain utamanya.

Pada awal musim ini, Borini telah bermain lima kali di Premier League dan empat kali di Europa League. Fakta yang menunjukkan tenaganya dibutuhkan, meski baru mampu menyarangkan satu gol sejak bergabung.

Makanya, karena minimnya opsi itu, Liverpool dikabarkan sempat mendekati mantan kapten Juventus Alessandro Del Piero sebelum bergabung ke Sydney FC. "Kami memang butuh striker, tetapi tidak pernah mendekati Del Piero," kata ofisial Liverpool di situs resminya.

Dengan minimnya opsi, Rodgers selama ini berupaya memanfaatkan para pemain muda. "Kami memiliki beberapa pemain muda dengan kualitas bagus. Mereka hanya butuh kepercayaan dan juga tambahan jam terbang," bilang Rodgers, seperti dikutip Express. (ham)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Nyalla Desak Djohar Minta Maaf

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler