Thoriq Kantongi Lisensi FIFA

Juga Menjadi Wasit Terbaik ISL Februari

Rabu, 26 Maret 2014 – 04:18 WIB

jpnn.com - JAKARTA - PSSI memilih wasit Thoriq Alkatiri sebagai pengadil lapangan terbaik untuk kompetisi Indonesia Super League (ISL) untuk bulan Februari.  Dia menyisihkan dua nama kandidat wasit terbaik lainnya, Kusni dan Bahrul Ulum.

Dalam penilaian wasit, ada dua tahap yang dilakukan. Pertama, melakukan penilaian kewibawaan, ketegasan, kerapian, kepercayaan diri, gestur tubuh, dan kondisi fisik. Selain itu, cara berkomunikasi kepada pemain dan ofisial  serta cara menanggapi protes pemain dan official.

BACA JUGA: Dzeko Cetak Gol Lagi, Manchester City Kini Unggul 0-2 Atas MU

Setelah melewati fase pertama pemilihan, nama Thoriq pun masuk dalam tiga besar wasit terbaik untuk bulan Februari. ini adalah penilain pertama dari bulan pertama bergulirnya ISL musim 2014 ini.

Pada tahap kedua, sebelas panelis kemudian mendapat satu suara untuk menentukan siapa yang terbaik dari ketiganya.Dari proses inilah, nama Thoriq keluar sebagai yang terbaik. Tujuh suara dijatuhkan kepada wasit asal Karawang, Jawa Barat, tersebut. Sementara dua suara lagi jatuh kepada Kusni.

BACA JUGA: Spirit Farroupilha Tak Pernah Padam

“Penghargaan ini tidak membuat saya menjadi besar kepala, akan tetapi semakin membuat saya harus lebih lebih baik lagi ke depannya," kata wasit 26 tahun tersebut.

Selain mendapatkan penghargaan ini, Thoriq juga telah mendapatkan lisensi wasit dari FIFA. Dia mendapatkannya pada Februari lalu, setelah dinyatakan lolos tes lisensi yang digelar di Brunei Darussalam. “Hasilnya sudah lulus jadi sekarang tinggal menunggu tugas kalau diberi kesempatan,” tuturnya.

BACA JUGA: Manchester City untuk Sementara Ungguli MU di Babak Pertama

Karena lisensi itu, dia nantinya tinggal menunggu FIFA memberikan tugas untuknya memimpin laga internasional resmi.
Selain Thoriq, ada wasit Handri Kristanto dan Oki Dwi Putra yang juga menjalani tes lisensi tersebut. Namun, kedua wasit ISL itu dinyatakan tidak lolos dan harus mengulang tes tersebut pada 11 April mendatang. (aam)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Iklan Ponsel Panaskan Ketegangan


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler