Tiap Hari 62.861 Motor Seliweran di Kota Sorong

Senin, 15 Oktober 2012 – 10:42 WIB
SORONG –   Arus lalu lintas di Kota Sorong, Provinsi Papua Barat  tampaknya  semakin padat saja.  Betapa tidak, untuk  kendaraan roda dua atau sepeda motor , hingga September 2012 , sebanyak  62.861 motor   yang terdata di  Unit Regident   Sat Lantas Polres Sorong Kota.
 
Ini berarti   puluhan ribu motor tersebut setiap hari  seliweran di jalan raya.  Jumlah kendaraan bermotor  tersebut jelas jauh lebih  besar jika dibandingkan dengan panjang jalan di Kota Sorong. Kasat Lantas AKP Fredrickus W.A Macalrimboen,S.IK yang dikonfirmasi kepada Radar Sorong (JPNN Group) membenarkan adanya data jumlah kendaraan yang terdaftar di Kota Sorong.
 
Selain kendaraan roda dua,  untuk kendaraan roda empat jenis mobil penumpang seperti angkot, mobil pribadi   mencapai 7.687 unit.  Sedangkan untuk jenis mobil beban sendiri mencapai 6.868 unit yang aktif  dan beroperasi di Kota  Sorong.
 
Untuk bus tercatat sebanyak 101 unit dan umumnya milik perusahaan. Menurut  Kasat Lantas,  data kendaraan  tersebut baru yang terdaftar,  diindikasi masih banyak  kendaraan yang  beroperasi di jalan yang tidak terdaftar.  Hal ini  karena si pemilik kendaraan tidak memperpanjang pajak kendaraannya atau pun kendaraan dengan nomor polisi luar yang hanya menggunakan ijin beroperasi.
 
Lebih lanjut Kasat Lantas AKP Fredrickus  mengatakan,jumlah kendaraan tersebut setiap tahunnya mengalami peningkatan yang cukup tinggi, pasalnya di tahun 2011 lalu, jumlah kendaraan roda dua yang terdaftar sebanyak 55.827 unit. "Dengan demikian dalam satu tahun saja peningkatan jumlah kendaraan roda dua  mencapai  sekitar  7.000 unit yang terdaftar," kata Fredrickus seperti yang dilansir Radar Sorong, Senin (15/10). 
 
Sedangkan untuk  kenaikan jumlah kendaraan  roda empat jenis penumpang  tidak terlalu signifikan, dalam satu tahun ini baru mengalami kenaikan sebanyak sekitar 500 unit.  Dimana  tahun 2011 lalu tercatat sebanyak 7.153 unit. Sementara jumlah bus tidak dari tahun ke tahun tidak mengalami penambahan.(reg)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Polda NTB Telusuri Pemilik Narkoba Rp7 Miliar

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler