Tiba-tiba Ingin Makan Sesuatu? Bisa jadi ada Masalah Dengan Tubuh

Rabu, 07 September 2016 – 16:27 WIB
Ilustrasi. Foto Trafoz

jpnn.com - PERNAH merasa ngidam ingin mengonsumsi makanan tertentu? Hal itu bisa saja kebetulan atau Anda sedang stres. Namun, keinginan mengonsumsi makanan tertentu bisa jadi merupakan sebuah indikasi adanya masalah dalam kondisi tubuh.

Ada beberapa kondisi ngidam yang bisa menunjukkan adanya gangguan pada kesehatan. Apa saja? berikut pemaparannya, seperti dilansir laman MSN, Selasa (6/9).

BACA JUGA: Manado Bakal jadi Hub di Utara, Filipina Menjadi Penting bagi Pariwisata

1. Air.

Bisa jadi: Diabetes

BACA JUGA: Tak Perlu Operasi Plastik, Cara Ini Lebih Aman, Hasilnya Nyaman

Haus yang berlebihan merupakan gejala awal dari diabetes. Rasa haus ini juga biasanya ditambah dengan buang air kecil yang berlebihan.

Jika Anda memiliki diabetes, gula tambahan menumpuk dalam darah dan ginjal harus bekerja ekstra keras untuk menyaring dan menyerap gula itu.

BACA JUGA: Jangan Abaikan Sinyal yang Diberikan Tubuh

Namun terkadang tubuh tidak bisa mengikuti pola itu, sehingga makanan ekstra manis dialihkan ke dalam urin, yang pada gilirannya akan sering membuat Anda haus.

2. Garam.

Bisa jadi, penyakit Addison.

Mengidam garam intens bisa menunjukkan penyakit Addison, di mana kelenjar adrenal tidak menghasilkan cukup hormon. Dan hormon ini penting, di mana mereka termasuk kortisol yang membantu respon tubuh terhadap stres dan aldosteron, yang menjaga tekanan darah tetap seimbang.

Jika tidak diobati, penyakit Addison bisa membuat tekanan darah Anda menjadi sangat rendah.

3. Es.

Bisa jadi karena kekurangan zat besi

Jika Anda tiba-tiba ingin mengonsumsi es, walaupun keinginan ini tidak benar-benar dipahami oleh para ilmuwan, beberapa penelitian telah menghubungkan keinginan tersebut dengan kekurangan pasokan zat besi.

4. Cokelat.

Bisa jadi magnesium atau kekurangan vitamin B

Ada banyak alasan mengapa seseorang tiba-tiba mendambakan makan coklat, tapi ada satu alasan bahwa mungkin Anda kekurangan magnesium, mineral yang bertanggung jawab hampir setiap jaringan dan fungsi fisik pada tubuh Anda.

Tentu saja, cokelat bukan satu-satunya sumber yang baik dari magnesium. Sayuran gelap hijau berdaun serta kacang-kacangan, biji-bijian, ikan, kedelai dan alpukat juga kaya akan mineral.

Selain itu, obsesi cokelat Anda mungkin juga disebabkan karena kekurangan vitamin B, serta karena makanan atau minuman manis memberikan rangsangan cepat pada otak dan peningkatan suasana hati.

Vitamin B memainkan peran besar dalam semua proses seluler dalam tubuh, termasuk produksi energi.

5. Kentang goreng.

Bisa jadi defisiensi Omega-3

Anda mendambakan lemak, mungkin tubuh tidak memiliki cukup Omega-3 dan kentang goreng pasti menyediakan apa yang Anda butuhkan.

Sumber sehat lemak, seperti salmon, alpukat, kacang-kacangan, biji-bijian dan minyak zaitun.

Intinya, jika Anda tiba-tiba mengidam sesuatu, konsultasi dengan dokter. Anda tahu tubuh Anda. Jika Anda berpikir ada sesuatu yang tidak biasa sedang terjadi, buatlah janji dengan dokter Anda.(fny/chi/jpnn)

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... 4 Sentuhan yang Bisa Bikin Merinding Pasangan Anda


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler