Tibo Paling Memungkinkan

Sabtu, 26 Januari 2013 – 06:19 WIB
Titus Bonai. Foto: Hendra Eka/Jawa Pos
MEDAN-Hasil imbang tanpa gol kontra Pro Duta FC dan kekalahan 2-3 dari klub IPL, Semen Padang sepertinya cukup menjadi bahan evaluasi bagi pelatih kepala timnas, Nil Maizar jelang laga perdana Pra Piala Asia 2015 kontra Irak, 6 Februari mendatang.

Namun problem yang selama ini dihadapi adalah terbatasnya pilihan untuk menerapkan racikan strategi eks pelatih Semen Padang itu.

Karena itu ketiga pemain Semen Padang, Titus Bonai (Tibo), Joshua Pahabol, dan M Nur Iskandar diharapkan bisa segera bergabung bersama Andik Vermansyah cs.

Dari ketiganya, Tibolah yang paling memungkinkan bergabung dalam waktu dekat ini. Pasalnya ia sudah pernah terdaftar di AFC kala memperkuat timnas di ajang SEA Games 2011 lalu.

Sementara Joshua Pahabol dan Nur Iskandar akan dipersiapkan untuk menghadapi Arab Saudi pada laga berikutnya. Keduanya belum pernah terdaftar di AFC sehingga membutuhkan waktu untuk urusan administrasinya. Lain dengan Tibo yang tinggal membutuhkan pengurusan paspor.

Jika Tibo bisa bergabung sebelum laga kontra Irak, ini tentu sangat positif buat timnas. Sebelumnya problem pelik ada pada stok lini depan yang minim. Hanya ada dua striker murni yakni Mario Albeikop dan Agung Prasetyo yang bergabung pada pelatnas.

Karena itu Nil sempat menempatkan Andik dan Vendri Mofu di depan pada laga uji coba kemarin. Hasilnya lini tengah keteteran tanpa Andik.

"Buat saya, kalau dia masuk karena dia layak, kenapa tidak? Lagian karena dia penah membela timnas di ajang SEA Games, dia (Tibo) terdaftar di Asia. Tergantung manajemen, kalau sebagai pelatih, saya berharap pemain bergabung. Tinggal manajemen dengan manajemen lagi. Kalau pemain, saya rasa siap saja," katanya.

Untuk memanggil Tibo, manajemen tentu harus melewati prosedural berupa surat resmi kepada manajemen Semen Padang. Itupun jika Kabau Sirah tak keberatan melepas pemain Papua itu.

Seperti diketahui Semen Padang tengah mempersiapkan diri untuk kompetisi Indonesian Premier League (IPL) 2012/2013.

"Pada prinsipnya tidak ada masalah soal pemanggilan Tibo. Cuma, mereka (Semen Padang) meminta kami untuk menyiapkan surat-surat pemanggilan seperti pemain yang lain," kata Manajer timnas, Mesak Manibor.

Sebenarnya usai laga uji coba Kamis (24/1) lalu, manajemen timnas telah membicarakan hal ini kepada pihak Semen Padang.. Dan lampu hijau telah diberikan. Hanya saja menunggu surat resmi.

"Hari ini mungkin suratnya sudah kami siapkan. Kami lakukan ke Semen Padang secara resmi, walau komunikasi secara lisan sudah kita lakukan," pungkasnya. (don)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Punggawa Barca Menatap El Clasico

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler