Tidak Pernah Latihan Bertahan

Senin, 20 Februari 2012 – 11:43 WIB
"INI mungkin penampilan terburuk Arsenal sepanjang saya melihat permainan mereka. Mereka ceroboh dan tidak fokus melakukan umpan". Begitulah komentar Roy Keane atas kekalahan Arsenal dari Sunderland kemarin kepada ITV Sport.

Keane boleh dibilang cukup mengenal permainan Arsenal di bawah kendali Arsene Wenger. Bukan hanya berhadapan langsung di lapangan selama periode dirinya membela klub rival Arsenal, Manchester United (1993-2005). Namun, Keane juga pernah beradu strategi dengan Wenger ketika menangani Sunderland (2006-2008).

Pernyataan Keane merupakan satu dari berbagai kritik untuk Arsenal seusai kekalahan dari Sunderland. Kritik lainnya datang dari The Sun menyorot begitu mudahnya gawang Arsenal dibobol lawan belakangan ini alias kemasukan sepuluh gol dalam empat laga terakhir.

Versi The Sun, sepanjang musim ini, Arsenal tidak memiliki sesi latihan khusus melatih pertahanan dan mengantisipasi bola mati. Padahal, banyak pelatih memberikan waktu setidaknya dua jam dalam sepekan untuk porsi tersebut dan tidak khusus untuk pemain bertahan saja.

Tidak hanya itu, Arsenal disebut baru musim ini bereksperimen dengan pertahanan zona. Kondisi tersebut makin kentara ketika Arsenal tidak memiliki full back seiring cederanya Bacary Sagna dan Kieran Gibbs serta pemain baru Andre Santos dan Carl Jenkinson.

Pelatih Arsenal Arsene Wenger mengatakan bahwa dia kerap dipaksa melakukan improvasi strategi tim menyesuaikan dengan tidak melimpahnya stok pemain gara-gara cedera maupun skors. Seusai lawan Sunderland misalnya, Arsenal kehilangan Francis Coquelin, Aaron Ramsey, dan Sebastien Squillaci.

"Tidak satu pun dari ketiga pemain yang akan fit sampai pekan depan. Cedera mereka membuat kami pilihan kami semakin terbatas," kata Wenger di situs resmi klub.

Problem lain Arsenal musim ini juga terletak pada komunikasi antara pemain dan staf pelatih yang kurang nyambung. Kendala muncul karena jauhnya selisih usia antara pemain dengan asisten pelatih Pat Rice yang diplot sebagai kepanjangan tangan Wenger di kalangan pemain.

Lihat saja, Rice sudah berusia 62 tahun, sedangkan usia rata-rata pemain Arsenal musim ini adalah 25 tahun. Rice sejatinya sudah mengajukan pengunduran diri di akhir musim lalu dan manajemen klub sudah mempersiapkan mantan defender Arsenal, Steve Bould (49 tahun), sebagai pengganti. Tapi, rencana itu tidak berjalan karena Wenger ternyata masih sreg ditemani Rice. (dns)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Wenger Diambang Lengser

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler