Tiga Anggota Tim Verifikasi PSSI Mundur

Sabtu, 12 Februari 2011 – 15:20 WIB
JAKARTA - Komposisi anggota tim verifikasi PSSI untuk penetapan bakal calon (balon) Ketua Umum (Ketum) PSSI, Wakil Ketua Umum (Waketum), dan anggota Exco, kembali berubahIni setelah tiga anggotanya kemarin mengumumkan mengundurkan diri

BACA JUGA: Derby Roma Lebih Panas

Mereka adalah ketua tim verifikasi Muhammad Zein, wakil ketua Hinca Pandjaitan, dan Togar Manahan Nero.

Alasan pengunduran diri ketiganya, dikarenakan masuknya nama mereka dalam jajaran 29 balon anggota Exco PSSI 2011-2015, yang sesuai ketentuan wajib diverifikasi
Sesuai ketentuan, pergantian nama ketiganya dilakukan melalui rapat Komite Eksekutive (Exco) PSSI, yang dilangsungkan Kamis malam kemarin di Sekretariat PSSI Senayan, yang dipimpin oleh Ketua Umum PSSI Nurdin Halid

BACA JUGA: Capolista Dalam Ancaman

Dalam rapat Exco itu diputuskan pengganti anggota tim verifikasi yang mundur yaitu Syarif Bastaman (ketua), Sophar Maru Hutagalung, dan Hamka B Kadi.

Pada rapat Exco Kamis malam kemarin, juga diputuskan pembentukan Komite Pemilihan yang salah satu tugasnya adalah melakukan verifikasi
"Tugas pokok dari Komite Pemilihan ini adalah saat pemilihan nanti di kongres

BACA JUGA: Riedl Siapkan Skema Menyerang

Antara lain mengatur kertas suara, bilik suara, mengontrol proses pemilihan, dan lainnyaMelakukan verifikasi bakal calon adalah salah satu tugasnya," kata Ibnu Munzir, anggota Exco PSSI dalam press conference di kantor PSSI kemarin siang.

Formasi Komite Pemilihan itu sendiri terdiri dari Syarif Bastaman sebagai ketua, Gusti Randa (wakil ketua), serta Trimedya Pandjaitan, Sarifuddin Sudding, Arteria Dahlan, Sophar Maru Hutagalung dan Hamka B Kadi.

Dalam formasi tim verifikasi sebelumnya, terdapat nama Sekjen PSSI Nugraha Besoes, yang disebutkan sebagai sekretaris tim verifikasiTapi nama Nugraha Besoes asal Bandung  itu tidak tercantum sebagai anggota dari Komite Pemilihan.

Menurut Ibnu Munzir, sebagai Sekjen, Nugraha Besoes akan bertugas memberikan service untuk melancarkan tugas-tugas dari Komite Pemilihan tersebut"Misalnya, mempersiapkan tempat untuk rapat-rapat mereka," kata Ibnu Munzir, yang juga kembali dicalonkan sebagai Exco PSSI periode 2011-2015.

Hinca Pandjaitan yang turut hadir dalam press conference kemarin, mengatakan bahwa dirinya mundur karena persoalan etika"Masa, saya akan memverifikasi diri saya sendiriItu kan tidak etisMakanya saya memutuskan mundur meski belum tentu nanti akan terpilih (sebagai angota Exco)," tutur Hinca"Saya juga sangat menghargai pihak yang mencalonkan saya," sambungnya.

Rapat Exco Kamis malam juga membentuk Komite Banding PemilihanTugasnya adalah melayani keluhan dari pihak-pihak yang tidak puas dengan hasil verifikasi bakal calon Ketum, Waketum, dan Exco PSSI periode 2011-2015.

"Komite Banding ini tugasnya adalah menindaklanjuti keluhan-keluhan pemilik suara yang tidak puas dengan hasil Tim Verifikasi," kata Gusti Randa, Juru Bicara Tim VerifikasiKomite ini terdiri dari lima anggota, yaitu Tjpta Lesmana (Ketua), Gayus Lumbun (Wakil Ketua), Alfred Simanjuntak (anggota), Max Boboy (anggota pengganti), dan Triandy Mulkan (anggota pengganti).

Sementara itu, terkait terselipnya nama Arifin Panigoro sehingga sempat hilang dari daftar nama yang dicalonkan sebagai Ketum PSSI, Nugraha mengatakan itu adalah murni human error"Itu betul-betul human error dan biasa terjadi," ujarnya enteng(ali)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Okto Hanya Dihukum Percobaan


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler