Tiga Petinju Riau Melaju Ke Perempat Final

Sabtu, 15 September 2012 – 03:42 WIB
PANGKALANKERINCI - Tiga petinju asal Riau yakni dua petinju putera dan satu petinju puteri dipastikan akan melaju ke babak perempat final pada PON XVIII Riau yang digelar di venue Tengku Pangeran Pangkalan Kerinci. Kedua petinju putera yang berhasil melaju pada babak sejanjutnya tersebut yakni M Yunus Pane dan Dominggus Alberto. Sementara itu dari petinju peteri yakni Marican Purba. Namun sayang, sampai empat hari pertandingan yang dilaksanakan, 7 petinju Riau lainnya harus kalah pada babak penyisihan.

Pelatih tinju kontingen Riau Soleman kepada Riau Pos (JPNN Group), Jumat (14/9) menyebutkan M Yunus Pane yang berlaga di kelas berat 91 kilogram berhasil menekuk petinju Wahyu Effendi dari DKI dengan skor 13-6. Sedangkan petinju puteri Riau yang maju pada putaran perempat final yakni Marican Purba di kelas Bantan 54 kilogram.

Marican Purba berhasil mengalahkan petinju DKI Veronica Nicolas dengan angka 11-5. Satu lagi petinju Riau yang diharapkan mampu menyumbang medali untuk kontingen Riau yang masih akan bertarung pada babak selanjutnya Dominggos Alberto. Petinju ini menang diskualifikasi setelah terkena pukulan upper cut low blow yang disarangkan petinju Julio Bria. Keduanya bertanding di kelas terbang 54 kilogram.

"Kita masih punya harapan untuk merebut medali untuk Riau, kan masih ada sejumlah atlet kita yang melaju pada babak berikutnya pada beberapa kelas yang dipertandingkan,’’kata Soleman yang optimis anak latihnya akan menyumbangkan medali untuk tuan rumah.

Sementara itu, 7 petinju Riau yang terlebih dulu harus mengakui ketangguhan lawannya masing-masing Sutini di kelas terbang ringan 48 kilogram takluk atas petinju Sulawesi Utara Yunike Rotty 4-21. Nasib sama juga dialam Warni Halawa yang bertanding di kelas terbang 51 kilogram kalah angka tipis atas petinju Sri Foes dari NTT dengan skor 6-7.

Kekalahan atlet tinju Riau lainnya M Rizal Pardede di kelas ringan 60 kilogram kalah angka mutlak dari petinju Banten Arif K Tatibun 8-18. Begitu pula Eko Hardiyanto kalah angka 6-10 dari Nasarudin petinju  NTB di kelas berat ringan. Melengkapi kegagalan Riau, petinju Rasmi dan Tyson Simorangkir juga harus kandas dikalahkan Lisna Lisa Kmuur dan Toufan Paransa dari Papua.

"Saya tidak bisa komentarilah soal tidak majunya beberapa petinju kita ini, apalagi ada yang kontroversial,’’kata Soleman yang enggan berkomentar panjang kekalahan atlet tinju tuan rumah.

Pada Jumat juga yang sudah memasuki babak perempat final sejak dimulainya cabang olahraga tinju 10 September lalu, dua petinju Riau Dominggus Alberto  kelas terbang 52 kilogram putera bertanding melawan Charles Tungga petinju asal NTT. Satu petinju tuan rumah lainnya yang bertanding M Yunus Pane menantang petinju Jateng di kelas berat 91 kilogram Achmad Amri.  Kedua pertandingan ini akan dilaksanakan  pada Jumat (14/9) yakni partai ke 7 dan terakhir pada sesi malam hari. (jpnn)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Liverpool Ikhlas Owen Lepas

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler