Tiket Capres Golkar Diyakini Bakal Jatuh ke Akbar

Selasa, 22 Mei 2012 – 00:22 WIB

JAKARTA - Sosiolog dari Universitas Indonesia (UI) Thamrin Amal Tomagola, meyakini bahwa mantan Ketua Umum Partai Golkar Akbar Tanjung bakal maju sebagai calon presiden (Capres). Menurut Thamrin, Akbar sebagai politisi pasti tengah mempersiapkan langkah agar bisa dicapreskan.

“Saya yakin, Akbar akan melaju ke pencalonan presiden. Bagaimana langkah dan persiapannya, hanya dia yang tahu,” kata Thamrin usai hadir sebagai pembicara dalam diskusi memperingati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) bertema “Membangun Keindonesiaan” di Akbar Tanjung Institute, Jakarta, Senin (21/5).

Menyinggung keputusan DPP Partai Golkar yang makin bulat untuk mengusung Aburizal Bakrie (Ical) sebagai capres pada Pilpres 2014 mendatang, Thamrin justru meragukannya. Thamrin justru optimis tiket capres Golkar akhirnya akan jatuh ke Akbar.

Sebelumnya, dalam diskusi yang juga dihadiri Romo Benny Susetyo dan budayawan Radhar Panca Dahana itu Thamrin memuji  kerja politik Akbar di Golkar selama ini. Dicontohkannya, saat Golkar menjadi bulan-bulanan dan diancam dibubarkan justru Akbar berdiri di depan dan menyelamatkan partai hingga menjadi jawara Pemilu 2004.

“Akbar itu sangat lihai, punya strategi yang kadang tidak terbaca oleh siapa pun. Jadi, tunggu saja gerakannya, pasti akan ada kejutan dari tokoh yang dikagumi kawan dan lawan ini,” ujar Thamrin.

Selain itu, optimisme Thamrin juga didasari masih banyaknya pendukung Akbar di Golkar. Sebab selama memimpin Golkar,  Akbar rajin melakukan kerja-kerja politik dan banyak mendorong kadernya untuk menjadi pemimpin di daerah.

Sementara kepemimpin Golkar saat ini, ulas Thamrin, lebih mengutamakan transaksi. Sementara kerja-kerja politik seperti dilakukan Akbar, malah ditinggalkan.

Lantas bagaimana  Akbar bisa melaju ke pertarungan presiden 2014? Thamrin mengatakan, bisa saja Akbar berkoalisi atau berpasangan dengan pimpinan PDIP, apakah Megawati maupun tokoh yang ditunjuk Megawati.

“Karena Mega mantan presiden, tidak mungkin jadi wakilnya Akbar. Yang paling tepat, Mega menunjuk orang yang dipercaya untuk berpasangan dengan Akbar. Tentunya Akbar yang layak jadi capres dan dari PDIP wakilnya, pasti akan kuat.” ujar Thamrin.

Menurutnya, peluang kemenangan Akbar dan pasangannya cukup besar.  “Saya memperkirakan pasangan dari partai lain akan melihat kemampuan dan potensi Akbar yang besar,” imbuhnya.

Budayawan Radhar Panca Dahana juga mengagumi langkah dan kegiatan Akbar selama ini. Pasalnya, Akbar telah  menjadikan politik sebagai sesuatu yang bernilai bagi bangsa dan negara. “Kalau pemimpin Golkar sekarang, anda tahu sendiri,” kata Radhar. (fas/jpnn)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Harapkan Golkar Tak Usung Capres Bau Lumpur


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler