Tiki-Taka Masih Jadi Primadona

Senin, 25 Maret 2013 – 10:23 WIB
MENUAI dua hasil imbang sepanjang kualifikasi Piala Dunia 2014, tentu bukan prestasi yang dapat dibanggakan bagi tim sekelas Spanyol. Itu karena status mereka sebagai juara bertahan Piala Dunia dan Piala Eropa. Akibat hasil imbang tersebut, posisi Spanyol pun melorot ke peringkat dua Grup I. Lebih jauh, sejumlah pihak pun mulai mempertanyakan keampuhan permainan tiki-taka yang selama ini diperagakan tim berjuluk La Furia Roja.

Tiki-taka dianggap sudah kadaluarsa. Pernyataan itu tidak semata respon dari hasil imbang yang diraih Spanyol saat menghadapi Finlandia akhir pekan lalu. Juga berdasarkan penampilan Barcelona di liga domestik. Ya, tiki-taka memang produk Barcelona yang kemudian diadaptasi timnas Spanyol. Di kompetisi lokal, keraguan terhadap tiki-taka mencuat setelah Barca menelan dua kekalahan dalam dua edisi El Clasico tahun ini.

Sejumlah kalangan menilai gaya permainan tiki-taka saat ini sudah mudah diantisipasi tim-tim lain. Pengutamaan terhadap penguasaan bola cenderung tidak lagi efektif ketika sepak bola semakin mengandalkan kecepatan dan efektifitas. Namun tidak demikian dengan keyakinan Del Bosque. Meski menelan dua hasil seri dan menduduki peringkat dua klasemen Grup I, Del Bosque menegaskan, Spanyol tidak akan mengubah gaya permainan timnya.

Spanyol, tegas Del Bosque, masih akan mengandalkan penguasaan bola. “Kami tetap mengandalkan pada permainan yang kami peragakan. Kami mengandalkan kemampuan kami sendiri. Hasil seri kemarin semata karena kami kurang lugas di depan gawang,” kata Del Bosque seperti dilansir South China Morning Post. “Spanyol tetap tim terbaik yang akan memainkan gaya permainan tertentu,” katanya.

Pernyataan itu menyiratkan bahwa Del Bosque tetap mengandalkan penguasaan bola ala tiki-taka saat menghadapi Prancis. Namun, itu bukan hal mudah. Pasalnya, Del Bosque harus kehilangan David Silva dan Jordi Alba yang dibekap cedera. Lagipula, Spanyol selama ini terlalu mengandalkan sosok Xavi Hernandez dan Xabi Alonso. Padahal, kondisi kedua pemain itu masih belum sepenuhnya fit.

Del Bosque sendiri mengaku tak khawatir atas situasi melanda timnya saat ini. Meski menduduki peringkat dua, eks pelatih Real Madrid itu tetap optimis menyikapi laga-laga sisa timnya, termasuk saat menghadapi Prancis lusa nanti. Ia yakin timnya bakal berlaga di Piala Dunia 2014. “Kami masih memiliki empat pertandingan. Kami tidak boleh pesimis. Tim ini akan terbang ke Prancis untuk berjuang meraih kemenangan,” tegas Del Bosque. (ish)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Persib Abaikan Penilaian TSG

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler