Tim Bola Basket 3x3 Indonesia Bersiap Diri Tampil di FIBA World Cup U-18

Rabu, 11 Agustus 2021 – 17:24 WIB
Timnas 3x3 putra dan putri Indonesia yang akan mengikuti FIBA World Cup 3x3 U-18 sedang berlatih di GMC Basketball Arena, Cirebon, Jawa Barat (Perbasi)

jpnn.com, JAKARTA - Timnas bola basket 3x3 Indonesia mempersiapkan diri tampil pada ajang FIBA 3x3 World Cup U-18 yang akan diselenggarakan di Debrecen, Hungaria, 24-29 Agustus mendatang.

Pada ajang itu, Indonesia akan menurunkan tim putra dan putri.

BACA JUGA: Amerika Serikat dan Latvia Raih Medali Emas Perdana Basket 3x3

Sejumlah pemain putri U-18 seperti Angelica Jennifer Candra, Vanissa Renata Siregar, Syarafina Ayasa Sjahril, dan Margareth Rachel Janna telah dipanggil mengikuti pemusatan latihan.

Para pemain putri ini dipimpin Kepala Bidang Kepelatihan PP Perbasi Taufik Saleh sebagai team delegate.

BACA JUGA: Ronaldinho Optimistis Messi Bawa PSG Juara Liga Champions

Adapun tim putra di bawah asuhan Syafiq Ali Mubarak dengan memanggil pemain seperti Rafael Pasha, Franciscus Gerick Fernando, Aaron Nathanael, dan Mikail Jaydra Muhammad.

Kedua tim sudah berlatih bersama sejak 8 Agustus 2021 di GMC Basketball Arena, Cirebon, Jawa Barat.

BACA JUGA: Bintang NBA Stephen Curry Ikut Berkomentar Soal Nomor 30 Messi di PSG, Begini Katanya

Menurut Ketua Badan Tim Nasional Junior PP Perbasi Njoo Lie Wen, pihaknya akan memberangkatkan kedua tim ini pada tanggal 22 Agustus.

Rencananya Perbasi akan memberangkatkan semua pemain karena dalam tim ini tidak ada seleksi promosi dan degradasi.

"Para pemain berlatih sampai 21 Agustus, karena 22 Agustus sudah harus bertolak ke Hungaria. Merekalah yang akan mewakili Indonesia di FIBA 3x3 World Cup U-18. Tidak ada promosi dan degradasi dalam training center ini," kata Njoo Lie Wen dalam rilis yang diterima JPNN.com dari Perbasi.

Perbasi berharap keikutsertaan para pemain muda di ajang Piala Dunia FIBA 3x3 U-18 mereka bisa mengambil banyak pengalaman dan ilmu yang berharga saat bertanding melawan wakil dari berbagai negara.

Selain ajang mencari pengalaman, keikutsertaan Indonesia pada ajang ini juga bisa menjadi tolok ukur perkembangan pemain muda Indonesia ke depannya.

Rencananya gelaran yang akan digelar di Debrecen, Hungaria, akan diikuti sekitar 24 negara. Beberapa negara kuat seperti Amerika Serikat, Latvia, Prancis dan Jerman ambil bagian dalam turnamen ini.

Dalam memilih pemain, Perbasi secara terbuka memberikan kewenangan kepada Badan Tim Nasional Junior PP Perbasi.

Mereka yang dipercaya membela Merah Putih sudah melalui proses kualifikasi dan terverifikasi oleh FIBA 3x3.

"Kami membawa tiga pemain putri U-16 berada di tim agar mereka semakin kaya pengalaman karena masih bisa diikutkan Timnas U-18 untuk dua tahun mendatang," katanya.

"Salah satunya selain untuk event FIBA 3x3 U-18 berikutnya maupun FIBA Asia U18 Women's Championship, karena Timnas Putri U-18 Indonesia masih tergabung dalam Level 1 (Division A) untuk FIBA Asia U-18 Women's," imbuhnya. (mcr16/jpnn)


Redaktur : Adek
Reporter : Muhammad Naufal

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler