Tim Bola Basket 3x3 Putri Selamatkan Wajah Indonesia di SEA Games 2021

Sabtu, 14 Mei 2022 – 23:57 WIB
Penggawa Timnas 3x3 putri Indonesia Nathania Claresta Orville, Kimberley Pierre-Louis, Ayu Sriartha, dan Adelaide Wongsohardjo di SEA Games 2021. Foto: Humas PP Perbasi

jpnn.com - Tim bola basket 3x3 Indonesia hanya mampu membawa pulang satu medali dari ajang SEA Games 2021.

Berlaga di Thanh Tri Gymnasium, Sabtu (14/5) sore WIB, tim putri Indonesia meraih medali perunggu seusai mengalahkan Filipina dengan skor 16-10.

BACA JUGA: SEA Games 2021: Timnas Voli Putra dan Putri Indonesia Punya Nasib Berbeda

Prestasi ini terbilang membanggakan karena tim yang dihuni oleh Kimberley Pierre-Louis, Ayu Sriartha, Nathania Claresta Orville dan Adelaide Wongsohardjo melakukan persiapan kurang maksimal.

Raihan medali perunggu di SEA Games kali ini sekaligus membayar kegagalan tim putri Indonesia yang gagal di edisi 2019.

BACA JUGA: Timnas U-23 Vietnam Menang Tipis Atas Myanmar, Klasemen Grup A SEA Games 2022 Kian Sengit

Medali emas dari sektor putri direbut oleh Thailand seusai mengalahkan Vietnam dengan skor 21-19.

Pada pertandingan final, tim basket putri Thailand mengandalkan pemain lokal yang bermain di Liga Thailand untuk mengalahkan tuan rumah. 

BACA JUGA: SEA Games 2021: Timnas U-23 Indonesia vs Filipina, Garuda Muda Libas Young Azkals

Meski dengan materi pemain lokal, di luar dugaan tim basket Negeri Gajah Putih bisa mengalahkan Vietnam yang didukung dua pebasket keturunan yakni Kayleigh dan Kaylynne Truong dari Gonzaga University.

Berbeda dengan tim putri, nasib kurang baik dialami tim putra yang pulang dengan nestapa dari SEA Games 2021.

Tim yang bermaterikan Jamarr Johnson, Oki Wira Sanjaya, Surliyadin, dan Sandy Ibrahim itu gagal menyamai prestasi sebelumnya dengan meraih medali perak.

Pada keikutsertaan kali ini, anak asuhan Ali Budimansyah itu gagal meraih medali seusai di perebutan tempat ketiga kalah dari Filipina.

Filipina yang turun dengan materi pemain kurang tenar seperti Reymar Caduyac, Marvin Hayes, Jorey Napoles, dan Brandon Rosser di luar dugaan mampu mengalahkan Indonesia dengan skor 14-10.

Dari cabor bola basket 3x3, Thailand mengawinkan medali emas seusai mengalahkan Vietnam dengan skor 19-17.

Keberadaan pemain G-League, Antonio Price Soonthornchote atau yang dikenal juga sebagai Tra Holder di kubu Thailand mampu menghadirkan prestasi bagi Thailand.  

Tidak sia-sia pemain keturunan itu memilih Thailand karena mampu menghadirkan medali emas untuk Negeri Gajah Putih di SEA Games.

Sepanjang turnamen, perpaduan Holder dengan Freddie Lish, Moses Morgan, dan Chanathip Jakrawan membuat Thailand menjadi kekuatan baru 3x3 di Asia Tenggara.(mcr16/jpnn)

Simak! Video Pilihan Redaksi:


Redaktur : M. Adil Syarif
Reporter : Muhammad Naufal

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler