Tim peneliti internasional berhasil mendapatkan rekaman ikan paus langka yakni Paus Omura. Ini merupakan bukti rekaman video pertama yang memastikan spesies Paus Omura masih hidup karena sebelumnya para ahli meyakini paus ini sudah punah 200 tahun yang lalu.


Ikan paus Omura baru ditemukan akhir-akhir ini dan tidak pernah ditemukan bukti hidup dari ikan paus ini sebelumnya di dunia hingga dirilisnya rekaman video oleh tim ilmuwan internasional.

BACA JUGA: Penerbangan Amal Bergaya 70-an Qantas Sukses Kantongi Dana Bantuan Sekitar Rp1 Miliar


Ini merupakan penemuan rekaman yang bersejarah bagi komunitas sains karena spesies ikan paus Omura baru ditemukan baru-baru ini dan tidak pernah ada bukti otentik yang melihat keberadaan ikan paus ini hidup dialam liar.

Tapi ini ilmuan internasional yang diketuai oleh Salvatore Cerchio dari Institusi Oseanografi Woods Hole dan Akuarium New England merilis rekaman video pertama di dunia ikan paus Omura dan sedikit observasi mengenai spesies ikan paus yang belum terlalu banyak diketahui ini.

BACA JUGA: Resep Pekan Ini : Pie Ikan Cod dan Kentang Tumbuk

Dalam laporan observasi yang diterbitkan oleh Journal Royal Society Open Science, peneliti mengatakan mereka melakukan observasi mengenai teknik mencari makan ikan paus omura, vokalisasi atau suara dan pemilihan habitat mereka dengan meneliti populasi ikan paus ini di pesisir Madagaskar.

"Apa yang sedikit kita tahu mengenai ikan paus ini adalah sebelumnya hanya berasal dari 8 spesimen ikan paus ini yang diambil oleh ilmuwan ikan paus Jepang di Pesisir Kepulauan Solomon dan Pulau Keeling dan sejumlah bangkai ikan paus Omura yang terdampar di Jepang," kata Dr Cerchio.

BACA JUGA: Seniman Aborijin Ini Ditolak Naik Taksi Dua Kali dalam Seminggu di Melbourne

"Ini merupakan bukti definitif pertama yang memberikan gambaran detil mengenai ikan paus Omura di alam liar dan itulah sisi paling memuaskan dari riset yang kami lakukan," katanya. Ikan Paus Omura sebelumnya baru diidentifikasi sebagai satu spesies tertentu pada tahun 2003, dan pada tahun-tahun sebelumnya salah diidentifikasi sebagai Ikan Paus Bryde. Hingga kini masih sedikit temuan studi ilmiah mengenai Ikan Omura ini dan bahkan para pakar tidak tahu pasti berapa banyak jumlah ikan Paus Omura ini yang masih terdapat didunia. "Selama bertahun-tahun, bahkan hanya ada sedikit sekali penemuan atau penglihatan mengenai kemungkinan keberadaan dari ikan Paus Omura tapi belum pernah ada yang bisa mengkonfirmasikan pengelihatan mereka," tambah Dr Cerchio said. Dr Cerchio akan kembali melanjutkan penelitian ini ke lapangan bulan ini untuk mempelajari spesies ini. Dia berharap akan dapat menghasilkan perkiraan ilmiah kalau ikan paus omura yang masih banyak berdasarkan temuannya mengenai populasi ikan paus Omura di Madagaskar. Peneliti sejauh ini telah mengidentifikasi sekitar 25 individu ikan paus Omuradengan menggunakan identifikasi foto.

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Lubang Ozon di Atas Antartika Hampir Seluas 4x Wilayah Australia

Berita Terkait