Tim Sepak Bola U-8 Indonesia Jadi Runner-up di Ajang Singa Cup 2023

Rabu, 15 November 2023 – 09:37 WIB
Tim sepak bola usia dini U-8 asal Indonesia meraih posisi runner up di ajang Singa Cup 2023. Tampak Alvaro Gavriel Kristanto selaku kiper (ke-3 dari kiri kategori U8). Foto: Alvin for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Tim sepak bola usia dini U-8 asal Indonesia kembali menambah catatan prestasinya di tahun 2023 ini dan sekaligus berhasil mengharumkan nama Indonesia dengan meraih posisi runner up di ajang Singa Cup 2023.

Singa Cup Asia's Premier Youth Football Tournament merupakan turnamen sepak bola bertaraf internasional untuk anak-anak usia muda dengan kategori umur U8, U10, U12, U14, U16, U18 dan kelompok Putri U14 dan U16.

BACA JUGA: Sosialisasikan Ganjar-Mahfud di Cirebon, Relawan GMP Gelar Turnamen Sepak Bola Antarkampung

Turnamen Singa Cup diselenggarakan di The Rainforest Sportshub – Singapura pada tanggal 4-11 November 2023.

Singa Cup adalah turnamen tahunan dan merupakan incaran para klub-klub sepak bola besar di kawasan Asia Tenggara.

BACA JUGA: Legenda Sepak Bola Yakin Ganjar Pranowo Perhatikan Nasib Mantan Atlet

“Ini terbukti dengan ramainya antusias para peserta turnamen yang diikuti oleh negara-negara tetangga Singapura seperti Indonesia, Jepang, Malaysia, Filipina, bahkan tak luput juga parstisipasi klub-klub sepak bola yang berasal dari negara-negara di Asia dan Oceania seperti India dan Australia,” ujar Alvin yang merupakan orang tua dari Alvaro, sang GoalKeeper dalam keterangan tertulis pada Selasa (14/11).

Menurut Alvin, tidaklah mudah bagi pelatih dan tim untuk bisa bersaing di turnamen yang notabene diikuti oleh klub-klub profesional yang sudah lama wira-wiri di turnamen bergengsi ini.

BACA JUGA: Begini Cara Timnas U-17 Indonesia Melangkah ke 16 Besar Piala Dunia U-17 2023

Indonesia bergabung di grup B dengan 4 tim besar lainnya. Untuk berhasil masuk ke babak 8 besar setelah meraih posisi ke-3 di grup B.

Di babak 8 besar, mereka harus berhadapan dengan juara grup A, yaitu Crocs FC Davao A (Philippines), tim yang tak terkalahkan sejak babak penyisihan grup.

Pertandingan ini berlangsung ketat. Kedua tim memiliki kemampuan yang sama-sama mumpuni.

Bertahan 1:1 hingga peluit panjang ditiupkan, dilanjutkan dengan adu penalti yang dimenangkan dengan gemilang dengan skor 3:2 berkat penyelamatan yang dilakukan  Alvaro Gavriel Kristanto (GK) berhasil membawa tim tersebut maju ke perempat besar.

Pada babak semi final, tantangan yang harus dihadapi juga tak kalah berat. Harus berhadapan kembali dengan tim kuat dari Jepang U8 yang merupakan peringkat ke-1 di grup yang sama, yaitu grup B.

Namun, mental anak-anak yang baru berusia 8 tahun ini begitu kuat, tak gentar walau sudah pernah bertemu dan menelan kekalahan di babak grup sebelumnya.

Dengan semangat membara, akhirnya berhasil mengalahkan Tim dari jepang dengan skor 3:1 dan berhak melaju ke babak final.

Selanjutnya di final bertemu dengan tim yang sama-sama berasal dari Indonesia, yang menjadikan all Indonesia final pada Singacup 2023 kategori U8.

“Pertandingan final berjalan ketat. Namun, kami harus menerima kekalahan dari tim lawan dengan hasil 1:3 dan kami harus puas berada di posisi Runner-up membawa medali perak, tetapi kami bangga setidaknya bisa mengibarkan bendera Merah Putih tercinta di Singapura,” kata  Alvin.

Menjadi Runner Up U8 di Singa Cup 2023 adalah sebuah tonggak prestasi yang amat baik untuk pembinaan sepak bola bagi anak-anak usia dini.

Menurut Alvin, prestasi ini bisa membentangkan bendera merah putih dan membawa nama harum Indonesia di kancah persepakbolaan internasional adalah sebuah pembuktian dan motivasi bahwa Indonesia memiliki banyak bakat di bidang sepak bola.

Alvin mendorong ke depan agar anak-anak bisa dibina dan diasah hingga nantinya anak-anak ini dan anak Indonesia lainnya bisa membawa Indonesia di posisi papan atas sepak bola dunia dan mengumandangkan lagu Indonesia Raya di ajang piala dunia.(fri/jpnn)


Redaktur & Reporter : Friederich Batari

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler